Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cek Olahraga yang Tepat Bagi Penderita Obesitas

Orang-orang yang mengalami obesitas sangat tidak disarankan untuk joging hingga berlari. Aktivitas tersebut bisa memicu radang sendi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 Juli 2020  |  06:31 WIB
Penderita obesitas sangat tidak disarankan untuk olahraga lari - Istimewa
Penderita obesitas sangat tidak disarankan untuk olahraga lari - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi penderita obesitas disarankan untuk menghindari olahraga yang bertumpu pada lutut seperti berjalan hingga berlari.

Dokter spesialis gizi klinik Samuel Oetoro mengatakan, olahraga dapat membakar energi. Namun, tak semua jenis olahraga bisa dilakukan, pilih aktivitas fisik dengan intensitas rendah sampai sedang dan dilakukan secara rutin.

“Olahraga untuk obesitas jangan jalan apalagi joging,” kata Samuel pada live streaming membahas Gizi dan Sistem Reproduksi yang diadakan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Alvin Setiawan di akun Instagram @alvino_georgie seperti yang dikutip dari Tempo (Selasa (14/7/2020).

Menurut Samuel, joging memaksa lutut pengidap obesitas menanggung beban sangat berat. Secara alami lutut akan menanggung dua kali beban tubuh ketika berjalan atau berlari. Samuel mencontohkan, apabila pengidap obesitas memiliki berat badan 90 kilogram, maka saat berjalan atau berlari, lutut akan menanggung beban 180 kilogram.

“Lutut yang menanggung beban berlebih berisiko terkena osteoarthritis (radang sendi),” ujar Samuel.

Beberapa pilihan olahraga yang direkomendasikan oleh Samuel antara lain sepeda statis, sepeda outdoor, dan berenang. “Lebih aman berenang,” kata Samuel.

Selain itu, Samuel juga mengatakan, ada satu syarat yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan, yaitu berolahraga minimal 150 menit dalam satu minggu. “Olahraga 150 menit bisa bisa dibagi dalam beberapa hari, kalau empat hari, berarti 40 menit satu hari, kalau lima hari seminggu, berarti 30 menit tiap harinya,” kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

olahraga obesitas Virus Corona

Sumber : Tempo.co

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top