Berkebun bisa kurangi risiko kanker payudara./Istimewa
Relationship

5 Keterampilan yang Bisa Diasah Selama di Rumah Aja

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 17 Juli 2020 - 08:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi COVID-19 mendorong masyarakat beradaptasi dengan kebiasaan baru, salah satunya lebih banyak beraktivitas di rumah sebagai upaya mengurangi risiko penyebaran virus.

Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengasah keterampilan baru. 

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengungkapkan, dari transaksi penjualan terlihat beberapa keterampilan yang coba diasah masyarakat selama di rumah saja. Berikut perinciannya : 

Memasak 

Selain dapat memastikan sendiri kebersihan makanan yang akan dikonsumsi, memasak juga bisa berpeluang bisnis. Data internal Tokopedia (Mei 2020) mengungkapkan bahwa kategori Makanan dan Minuman menjadi salah satu dari empat kategori paling populer selama pandemi. 

Berkebun

Urban farming merupakan suatu metode pertanian kota dengan konsep berkebun di lahan yang terbatas. Kegiatan ini bisa menjadi kegiatan menyenangkan, bermanfaat untuk menambah estetika sekaligus menyegarkan pikiran, terutama selama masa pandemi. 

Menurut data Tokopedia (Mei 2020), berkebun menjadi kegiatan yang digemari belakangan ini. Terlihat dari meningkatnya penjualan produk tanaman, pot dan tempat penyimpanan pada kategori Rumah Tangga. 

Do It Yourself (DIY)

Selain memasak dan berkebun, membuat kerajinan tangan di rumah saat pandemi bisa menjadi aktivitas alternatif dalam mengasah kreativitas. Beberapa kreasi DIY yang patut dicoba seperti dekorasi, papercraft hingga melukis. 

Bahasa Asing

Era digital memungkinkan masyarakat dapat mempelajari bahasa asing tanpa harus ke luar rumah, mulai dari menonton film asing dengan menggunakan subtitle atau mengambil kursus online

Editing/Desain

Keterampilan lain yang dapat ditingkatkan selama pandemi yaitu editing foto, video, audio dan sebagainya. Skill editing maupun desain dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, seperti pembuatan vlog, podcast dan berbagai konten di media sosial. Skill ini bahkan dapat dipelajari gratis secara online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro