Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) memindai suhu tubuh (thermoscan) anak buah kapal (ABK) Nong Lyla dari negara China menggunakan alat termometer di yang berlabuh di pelabuhan IPC Panjang, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (29/1/2020). Pemeriksaan tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona yang telah mewabah di beberapa negara khususnya Tiongkok. ANTARA FOTO/Ardiansyah
Health

Cek Fakta: Apakah Radiasi Thermo Gun Bisa Rusak Otak?

Newswire
Selasa, 21 Juli 2020 - 00:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi virus corona (Covid-19) thermo gun adalah alat yang sering ditemukan di pintu masuk kantor, mal dan, tempat umum lainnya.

Belakangan muncul wawancara Helmi Yahya dengan Ekonom Ichsanuddin Noorsy yang mengatakan alat pengukur suhu tubuh atau thermo gun dapat merusak jaringan otak.

Dalam video tersebut, Ichsan mengatakan thermo gun digunakan untuk memeriksa kabel panas dan bukan temperatur manusia. Video tersebut telah dipotong dengan durasi sekitar satu menit dan telah tersebar di media sosial

"Kepala kita ditembak laser. Kita tidak tahu dampak pada struktur otak kayak gimana gitu ya, kalau saya gak mau," kata Ichsanuddin.

Apakah benar thermo gun dapat merusak otak manusia?

Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menegaskan thermo gun atau pistol pengukur suhu tubuh tidak merusak otak.

Yuri mengatakan thermo gun tidak menggunakan sinar laser atau sinar radioaktif seperti X-ray. Pistol pengukur suhu tubuh tersebut hanya mengukur suhu dengan pancaran radiasi sinar inframerah.

Pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk mengikuti informasi dengan cara yang benar ataupun informasi dari sumber kredibel sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenaran informasi itu.

Jubir Yurianto meminta masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh dengan kabar yang menyebutkan pistol pengukur suhu itu berisi pancaran sinar radioaktif atau sinar laser yang dapat merusak struktur otak.

Pistol pengukur suhu tubuh itu akan mengeluarkan sinar inframerah yang dapat mengumpulkan pancaran energi dari suatu objek.

Sensor thermo gun kemudian mengubah data energi tersebut menjadi angka yang menunjukkan panas dari objek tersebut.

Keakuratan tentang data suhu objek tergantung pada kemampuan sang pengguna thermo gun untuk memusatkan sinar infra-merah di titik yang sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro