Ilustrasi/Dumblittleman
Relationship

Awas! Sedih Putus Cinta Picu Penyakit Jantung

Desyinta Nuraini
Selasa, 21 Juli 2020 - 18:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sedih akibat putus cinta ternyata tidak baik untuk kesehatan. Bahkan jika berlebihan dan galau berkepanjangan, bisa memicu penyakit jantung.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Vito Anggarino Damay mengatakan penyakit jantung yang berkaitan dengan putus cinta ini dinamakan broken heart syndrome atau cardiomyopathy.

"Ada yang disebut broken heart syndrom, penyakit gangguan fungsi jantung," ujarnya Selasa (21/7/2020).

Vito menjelaskan orang yang mengalami penyakit ini biasanya mengalami sakit pada dada atau sesak napas, dan terjadi tiba-tiba setelah ada hal yang dirasakan sangat membuat sedih, atau membuat orang tersebut kaget hampir mengalami pukulan secara psikologis. 

"Salah satunya mengalami ditinggal pasangannya, mendadak, atau alami kesedihan luar biasa," tuturnya.

Ada hal lain yang dikhawatirkan ketika terkena broken heart syndrome, yakni terjadinya gangguan irama jantung hingga gagal jantung yang menetap.

Oleh karena itu, apabila mengalami gejala seperti sakit dada atau sesak napas usai mengalami tragedi yang menyedihkan, Vito menyarankan untuk memeriksakan kesehatan jantungnya. Biasanya orang yang punya kelemahan otot jantung karena broken heart syndrome bisa diketahui melalui elektrokardografi (EKG).

Perlu juga untuk berpikir positif dan melanjutkan hidup atau mencari pasangan yang baru. "Jangan terlalu baper, kesedihan ada batasnya dan akan segera berlalu," tegas Vito.

Dari banyak kasus, Broken heart syndrome kata Vito paling banyak menyerang perempuan, terutama pada usia 50-60 tahun. 

Namun penyakit ini mudah memiliki angka kesembuhan tinggi. Kondisi jantungnya bisa kembali seperti semula dengan bantuan obat-obatan dan bahkan bisa sembuh sendiri. "Kemampuan jantung memompa darah bisa kembali terjaga dan pulih," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro