Achmad Yurianto memiliki hobi fotografi/youtube
Fashion

Ini Cara Achmad Yurianto Mendulang Rupiah dari Hobi Fotografi

Rezha Hadyan
Jumat, 24 Juli 2020 - 20:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto ternyata sempat menekuni profesi sebagai fotografer profesional.

Pria yang akrab disapa Yuri itu mengaku sempat menjadikan bidang fotografi sebagai mata pencariannya ketika masih berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran di Universitas Airlangga, Surabaya pada pertengahan 1980an. Dia mengungkapkan pernah menjual hasil jepretannya dengan nilai yang cukup tinggi kala itu.

"Bukan cuma gemar [fotografi] saja, tetapi cari rezeki disitu. Aktivitas ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, ketika saya pergi ke laut, naik gunung, ke pasar," katanya dalam siaran langsung di akun Instagram Kementerian Kesehatan pada Jumat (24/7/2020).

Foto yang diambil beragam mulai dari panorama alam hingga ekspresi seseorang yang diambil di sela-sela aktivitasnya sebagai mahasiswa kedokteran.

Yuri yang kini fokus menjabat sebagai Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes menyebut dirinya sempat bergabung dengan komunitas fotografi. Dari komunitas tersebut dia mempelajari banyak hal, termasuk diantaranya adalah perbedaan perspektif antara pengambil gambar dan penikmat gambar.

"Bagi saya foto yang ini bagus. Bagi yang melihat itu tidak bagus. Jadi, ya saya ambil foto ya ambil saja. Fotografi adalah seni melihat. Nikmati saja, jangan anggap jelek atau bagus [hasilnya]," tuturnya.

Hingga kini Yuri masih menyempatkan diri untuk melakukan hobi fotografinya di tengah pekerjaannya. Saat bertugas sebagai Kepala Kesehatan Daerah Militer XI/Pattimura dia sempat mengambil foto panorama Pantai Liang di Maluku Tengah yang berhasil terjual senilai Rp75 juta melalui situs panoramio.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro