Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Cara Achmad Yurianto Mendulang Rupiah dari Hobi Fotografi

Bagi Yuri, fotografi adalah seni melihat. Nikmati menjadi kunci fotografi, jangan anggap jelek atau bagus.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  20:28 WIB
Achmad Yurianto memiliki hobi fotografi - youtube
Achmad Yurianto memiliki hobi fotografi - youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto ternyata sempat menekuni profesi sebagai fotografer profesional.

Pria yang akrab disapa Yuri itu mengaku sempat menjadikan bidang fotografi sebagai mata pencariannya ketika masih berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran di Universitas Airlangga, Surabaya pada pertengahan 1980an. Dia mengungkapkan pernah menjual hasil jepretannya dengan nilai yang cukup tinggi kala itu.

"Bukan cuma gemar [fotografi] saja, tetapi cari rezeki disitu. Aktivitas ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, ketika saya pergi ke laut, naik gunung, ke pasar," katanya dalam siaran langsung di akun Instagram Kementerian Kesehatan pada Jumat (24/7/2020).

Foto yang diambil beragam mulai dari panorama alam hingga ekspresi seseorang yang diambil di sela-sela aktivitasnya sebagai mahasiswa kedokteran.

Yuri yang kini fokus menjabat sebagai Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes menyebut dirinya sempat bergabung dengan komunitas fotografi. Dari komunitas tersebut dia mempelajari banyak hal, termasuk diantaranya adalah perbedaan perspektif antara pengambil gambar dan penikmat gambar.

"Bagi saya foto yang ini bagus. Bagi yang melihat itu tidak bagus. Jadi, ya saya ambil foto ya ambil saja. Fotografi adalah seni melihat. Nikmati saja, jangan anggap jelek atau bagus [hasilnya]," tuturnya.

Hingga kini Yuri masih menyempatkan diri untuk melakukan hobi fotografinya di tengah pekerjaannya. Saat bertugas sebagai Kepala Kesehatan Daerah Militer XI/Pattimura dia sempat mengambil foto panorama Pantai Liang di Maluku Tengah yang berhasil terjual senilai Rp75 juta melalui situs panoramio.com.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hobi fotografi Achmad Yurianto
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top