Pasien virus corona/Antara
Health

Pasien Covid-19 Usia Muda dengan Gejala Ringan, Butuh Waktu Beberapa Pekan untuk Sembuh

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 25 Juli 2020 - 17:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - pasien covid-19 usia muda yang awalnya sehat membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk pulih sepenuhnya dari infeksi COVID-19 yang ringan.

Hal itu berdasarkan laporan pasien berusia di bawah 35 tahun yang dicatat Pusat untuk Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Sebuah survei di 13 negara bagian orang dewasa yang simptomatik dengan COVID-19 ringan menemukan 35% tidak kembali ke kondisi kesehatan biasanya ketika diwawancarai dua hingga tiga minggu setelah pengujian.

Batuk, kelelahan, dan sesak napas adalah beberapa gejala yang dilaporkan saat pengujian yang bertahan bahkan beberapa minggu kemudian, menurut laporan itu.

Temuan menunjukkan pemulihan dapat lebih lama bahkan pada orang dewasa muda tanpa kondisi medis kronis.

Antara 15 April dan 25 Juni, wawancara telepon dilakukan dengan sampel acak orang di atas 18 tahun yang melakukan tes COVID-19 pada kunjungan rawat jalan, kata CDC.

Wawancara dilakukan 14 hingga 21 hari setelah tanggal tes, dan pasien ditanya tentang gejala selama pengujian, apakah mereka telah kembali ke kondisi kesehatan seperti biasanya, dan jika mereka menderita kondisi medis kronis.

Di antara 292 orang yang diwawancarai, 274 melaporkan mengalami satu atau lebih gejala pada saat pengujian. Di antara responden bergejala yang melaporkan tidak kembali ke kondisi kesehatan biasanya, 26% berusia antara 18 dan 34 tahun, 32% berusia antara 35 dan 49 tahun, dan 47% berusia di atas 50 tahun.

Para peneliti mengatakan jarak sosial, sering mencuci tangan, dan penggunaan penutup wajah yang konsisten dan benar di depan umum harus didorong untuk memperlambat penyebaran COVID-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro