Ilustrasi virus corona di udara
Health

1 dari 4 Orang Dewasa Muda dengan Corona Punya Gejala Hingga Beberapa Minggu Setelah Dites

Syaiful Millah
Sabtu, 25 Juli 2020 - 19:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah studi baru menemukan bahwa sekitar seperempat orang dewasa muda masih belum kembali sehat normal dalam beberapa minggu setelah terinfeksi virus corona baru, bahkan jika mereka tidak memiliki kondisi penyakit penyerta.

Temuan dari Center for Disease Control and Prevention (CDC) itu menegaskan bahwa orang-orang dengan kategori dewasa muda tidak bisa mengabaikan risiko penyakit parah yang bisa ditimbulkan dari infeksi Covid-19.

“Pemulihan dari Covid-19 dapat diperpanjang bahkan pada orang dewasa muda tanpa kondisi medis kronis, berpotensi menyebabkan ketidakhadiran yang berkepanjangan dari pekerjaan, sekolah, atau kegiatan lain,” tulis laporan CDC seperti dikutip Live Science, Sabtu (25/7).

Kendati banyak penelitian telah berfokus pada pasien yang dirawat di rumah sakit, para peneliti ingin mengukur seperti apa pemulihan bagi pasien dengan penyakit yang kurang parah yang bahkan tidak dirawat di rumah sakit.

Mereka menganalisis informasi hampir 300 orang dewasa Amerika Serikat berusia 18 tahun ke atas di 13 negara bagian yang dites positif Covid-19. Akan tetapi, mereka tidak menjalani perawatan di rumah sakit pada saat tes.

Dengan fokus pada bahasan pemulihan dari penyakit pandemi, peneliti hanya memasukkan orang yang dites positif dan dilaporkan mengalami setidaknya satu gejala. Peserta kemudian ditindaklanjuti dengan wawancara 2-3 minggu setelah tanggal tes untuk dilihat kondisinya.

Secara keseluruhan hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa dua per tiga dari semua orang dewasa dalam penelitian melaporkan kembali kesehatan mereka dalam kurun waktu sekitar 1 minggu dari tanggal tes.

Akan tetapi, 35 persen di antaranya mengatakan bahwa mereka tidak lekas kembali normal seperti kondisi kesehatan biasanya bahkan setelah 14 hingga 21 hari setelah mereka menjalani tes positif Covid-19.

Di antara orang dewasa yang lebih muda, yakni mereka yang berusia 18 hingga 34 tahun, satu dari empat orang tak kunjung pulih setelah 2 hingga 3 minggu kemudian. Angka itu naik menjadi satu dari tiga untuk mereka yang berusia 35 hingga 49 tahun.

Bahkan untuk orang dewasa muda yang sehat tanpa kondisi medis yang menyertainya, sekitar satu dari lima memiliki gejala dari virus corona baru yang masih dialami sekitar 2 hingga 3 minggu kemudian. Secara umum, gejala yang paling lama pulih adalah batuk dan kelelahan.

Laporan dari CDC menegaskan temuan ini menunjukkan bahwa Covid-19 bukan flu biasa. Data dari tahun-tahun sebelumnya telah menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen pasien rawat jalan dengan flu, kembali normal dalam 2 minggu setelah dilakukan tes.

“Pesan kesehatan masyarakat harus menargetkan populasi yang mungkin tidak menganggap penyakit Covid-19 sebagai penyakit parah atau berkepanjangan, termasuk orang dewasa muda dan mereka yang tidak memiliki kondisi medis kronis yang mendasari."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro