Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bisakah Pewangi dan Pelicin Pakaian Dijadikan Sebagai Disinfektan?

Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Chandra Risdian mengatakan bahwa Alkyl dimethlyl benzyl ammonium chloride termasuk quaternary ammonium yang bisa membunuh coronavirus pada konsentrasi minimal 0.05 persen.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 04 Agustus 2020  |  13:41 WIB
Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di ruang publik di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di ruang publik di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- Penularan virus corona Covid-19 tidak hanya menular melalui udara, tetapi juga dikabarkan dapat menular melalui benda mati seperti pakaian.

Seperti kasus ibu dan dua anak yang terjadi di Cileungsi, Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu, ketika dinyatakan positif covid karena terpapar virus dari pakaian sang ayah.

Situasi tersebut kemudian menjadi perbincangan kembali di sosial media, ketika para youtubers  membahas cuplikan iklan pelicin pakaian untuk menyetrika yang diklaim mampu membunuh kuman dan virus yang menempel di baju.

Hal itu disebutkan karena pelicin pakaian tersebut mengandung Alkyl Dimethylbenzyl Ammonium Chloride, bahan aktif untuk disinfektan yang dapat membunuh kuman, bakteri dan virus.

Menanggapi hal tersebut, peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Chandra Risdian mengatakan bahwa Alkyl dimethlyl benzyl ammonium chloride termasuk quaternary ammonium yang bisa membunuh coronavirus pada konsentrasi minimal 0.05 persen.

“Kandungan kimia itu bisa membunuh virus corona melalui disinfeksi benda mati,” ujarnya, dalam keterangan pers, Selasa (4/8/2020).

Menurutnya, pelicin pakaian dengan kandungan bahan aktif Alkyl dimethlyl benzyl ammonium chloride sebanyak 0,1%, konsentrasi ini dinilai cukup untuk membunuh coronavirus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

filipina Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top