Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri

Pengampunan adalah cara terbaik untuk menghadapi segala yang telah kita lakukan di masa lalu, mengakui kesalahan kita dan belajar darinya.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 07 Agustus 2020  |  13:37 WIB
Ilustrasi - Fitnistics
Ilustrasi - Fitnistics

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan besar di dalam hidup. Bahkan mungkin kesalahan tersebut tampaknya sulit untuk dilupakan dan menjadi beban.

Namun menurut konselor dan ahli hipnoterapi klinis Louis Armstrong, jangan biarkan kesalahan itu menghantui hidup Anda terlalu lama. Lepaskan beban itu sehingga Anda bisa belajar cara memaafkan diri sendiri dan mulai mengalami kebebasan dalam hidup.

Dilansir dari Your Tango, Jumat (7/8/2020), berikut 10 hal untuk membantu Anda memaafkan diri sendiri, bahkan di saat-saat tergelap :

1. Jangan melekatkan emosi pada penyesalan

"Salah satu kesadaran pertama saya adalah bahwa saya melampirkan emosi pada hal-hal yang telah saya sesali. Saya sebenarnya menghubungkan kesalahan saya dengan keyakinan saya yang membatasi," ujar Armstrong.

Jika seperti itu, tidak heran sulit rasanya memaafkan diri sendiri atas tindakan tersebut. Lantas bagaimana caranya? Sebagai contoh, jika meneriaki ibu, pasti akan perasaan sangat bersalah muncul sesudahnya. Mencoba memaafkan diri sendiri atas teriakan itu tidak efektif karena perlu melihat rasa bersalah yang ditimbulkannya.

2. Pindah dari masa lalu

Masa lalu sebenarnya adalah masa lalu, dan ketika kita bisa meninggalkannya di sana kita menjadi lebih terbuka untuk diterima. Ini adalah pengalaman yang sangat menyembuhkan di mana Anda berhenti berusaha mengubah situasi.

Masa lalu mungkin sulit dilupakan, tetapi ingatkan diri Anda bahwa pada saat itu juga, Anda telah melakukan yang terbaik yang Anda bisa. Simpan apa yang telah Anda pelajari dari acara tersebut, dan lepaskan yang lainnya.

3. Lihatlah hubungan yang Anda miliki dengan diri sendiri

Anda bisa memaafkan orang-orang di sekitar Anda yang sangat Anda cintai dengan lebih mudah. Jadi, dengan mencintai diri sendiri dan tidak terlalu kritis, tidak terlalu kasar, dan memberi diri Anda keuntungan dari keraguan, itu akan membuat Anda lebih menghargai diri sendiri.

Mengutamakan diri sendiri, memenuhi kebutuhan, membuat batasan, dan mempraktikkan perawatan diri akan memberi Anda perspektif positif yang baru.

4. Kenali peristiwa di mana Anda bisa melakukan hal-hal yang berbeda

Merupakan pengalaman belajar yang luar biasa untuk menuliskan bagaimana Anda akan melakukannya secara berbeda di lain waktu. Ini menegaskan ke pikiran bawah sadar bahwa Anda telah belajar dari situasi tersebut. Dan jika Anda memiliki alat yang Anda miliki saat itu, segala sesuatunya tidak akan berjalan seperti dulu. Anda kemudian dapat membuat visualisasi yang jelas di benak tentang kreasi baru Anda. Inilah cara kita belajar untuk tidak mengulangi kesalahan.

5. Jangan melihat setiap kesalahan masa lalu

Lihat saja yang utama untuk memaafkan diri sendiri. Anda akan mengidentifikasi sebuah pola, dan begitu Anda dapat melihat perilakunya berkembang, Anda dapat berfokus untuk mengubahnya dan bukan hanya peristiwa "satu kali".

6. Akui kesalahan Anda

Kita dibesarkan untuk tidak membuat kesalahan, dan jika kita melakukannya, kita akan dihukum. Jadi, tentu saja, kita mencoba bersembunyi dari mereka. Ketika Anda dapat mengakui pada diri sendiri bahwa telah mengambil alih kesalahan itu, Anda menyadari bahwa Anda adalah manusia, dan itulah cara tumbuh dan belajar. Jika Anda membuat kesalahan, keluar dari zona nyaman Anda.

7. Jangan melalui ini sendirian

Mulailah membagikan perasaan Anda dengan seseorang yang Anda percayai. Niscaya Anda akan segera menyadari bahwa berbagi pemikiran sebenarnya akan menghentikan jalan penyangkalan dan penindasan.

8. Minta maaf kepada orang-orang atas sesuatu yang sudah dilakukan

Jika Anda kesulitan untuk memaafkan diri sendiri atas sesuatu yang telah Anda lakukan kepada orang lain, cara terbaik adalah dengan mengatakan "maaf" kepada orang itu.Lakukan dengan bertatap muka, jika memungkinkan, tetapi jika Anda tidak dapat melakukannya, coba kirim pesan atau email. Jangan mengharapkan tanggapan; ketahuilah bahwa Anda telah mengatakan "maaf."

9. Perbaiki sejak hari ini

"Saya tidak bisa kembali dan mengubah cara saya berperilaku terhadap keluarga,berteriak dengan marah pada ibu saya, atau dikenal sebagai 'polisi yang menyenangkan' oleh anak-anak saya. Tapi yang bisa saya lakukan adalah menjadi orang tua dan anak yang lebih baik sekarang," sebut Armstrong.

10. Renungkan seberapa jauh Anda telah berhasil

Sebelum Anda memejamkan mata sebelum tidur, renungkan kembali hari itu dan ingatkan diri Anda sendiri akan semua hal yang dapat Anda lakukan dan buat perbedaan, betapapun kecilnya, seperti senyum yang Anda berikan kepada orang asing, sampah yang Anda ambil di taman , makan malam yang kamu buat untuk suamimu, orang yang membiarkanmu di antrian supermarket. Pertahankan pikiran ini saat Anda tertidur. Mengapa? Karena Anda benar-benar telah menjadi orang yang luar biasa.

Pengampunan adalah alat terbaik yang memungkinkan kita menghadapi apa yang telah kita lakukan di masa lalu, mengakui kesalahan kita, belajar darinya, meninggalkannya dan melanjutkan hidup. Ini tidak berarti kita memaafkan apa yang telah terjadi, dan itu tidak berarti kita melupakan apa yang telah terjadi. Namun itu berarti Anda telah belajar dan melangkah dengan cara yang lebih baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minta maaf tips cinta tips bahagia
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top