Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Daftar Vitamin Yang Diperlukan Anak-anak

Dalam masa perkembangannya, anak-anak harus menyerap hal-hal baik yang dapat diterima tubuh untuk membantu mereka dalam tumbuh kembangnya
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  13:08 WIB
/Bloomberg
/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA -- Asupan vitamin dan gizi yang seimbang sangat penting dilakukan terutama untuk anak-anak.

Karena dalam masa perkembangannya mereka harus menyerap hal-hal baik yang dapat diterima tubuh untuk membantu mereka dalam tumbuh kembangnya.

Dikutip dari Web MD, Selasa (11/8/2020), ada beberapa vitamin yang sangat esensial untuk anak-anak, apa saja?

1.Vitamin A

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Vitamin ini adalah kunci untuk penglihatan yang baik, terutama untuk warna dan penglihatan malam. Ini juga memberi sistem kekebalan anak - pertahanan tubuh melawan kuman - dorongan melawan infeksi.

Di mana menemukannya: Isi piring anak-anak dengan wortel dan sayuran serta buah jeruk lainnya, seperti melon dan ubi jalar. Dan jangan lupa tambahkan juga sayuran berdaun hijau. Sajikan dengan gelas susu yang diperkaya.

2.Vitamin B

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Nutrisi ini - yang meliputi thiamin, riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, B6, B12, dan biotin - membantu tubuh mereka membuat dan menggunakan energi. Tanpa vitamin B yang cukup, anak-anak bisa mengalami anemia.

Di mana menemukannya: Anda dapat menemukan B di hampir setiap kelompok makanan. Biji-bijian utuh, ikan, ayam, daging, sayuran berdaun hijau, dan produk susu dikemas dengan mereka.

3.Vitamin C

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Vitamin ini membantu anak-anak menangkal bersin dan pilek dengan membantu tubuh mereka melawan infeksi. Ini juga membantu goresan dan luka sembuh lebih cepat.

Di mana menemukannya: Anak-anak bisa minum segelas jus jeruk atau, lebih baik lagi, makan jeruk. Buah dan sayuran lain juga merupakan sumber C yang bagus: stroberi, tomat, melon, dan paprika merah manis.

4.Vitamin D

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Untuk tulang dan gigi yang kuat, anak-anak membutuhkan nutrisi ini setiap hari. Ini membantu mereka menyerap kalsium sehingga tubuh mereka dapat membangun tulang.

Di mana menemukannya: Kulit membuat vitamin ini saat terkena sinar matahari. Tetapi karena sinar UV yang memicu proses tersebut juga dapat menyebabkan kanker, anak-anak Anda tidak boleh terlalu banyak terkena sinar matahari. Sebagai gantinya, tingkatkan D mereka dengan susu yang diperkaya, sereal, tuna, salmon, atau telur.

5.Kalsium

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Mineral ini adalah suatu keharusan untuk kesehatan tulang dan gigi. Terlalu sedikit dapat menyebabkan kemungkinan penyakit tulang yang lebih tinggi di kemudian hari.

Di mana menemukannya: Produk susu adalah sumber terbaik. Beberapa porsi susu dan yogurt rendah lemak setiap hari akan menjaga tulang anak Anda tetap kokoh

6.Kolin

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Nutrisi ini bukanlah vitamin, meskipun biasanya dikelompokkan dengan vitamin B, tetapi tetap penting. Sel membutuhkannya untuk menjaga bentuknya, dan sistem saraf membutuhkannya untuk mempercepat pesan ke seluruh tubuh.

Di mana menemukannya: Tubuh tidak membuat kolin sendiri, jadi anak-anak harus mendapatkannya dari makanan seperti telur, ikan, daging sapi, ayam, dan brokoli.

7.Besi

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Sel darah merah menggunakannya untuk memindahkan oksigen ke seluruh tubuh.

Di mana menemukannya: Daging sapi tanpa lemak, atau berikan anak-anak makanan lain seperti kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau gelap, dan sereal yang diperkaya zat besi. Untuk membantu meningkatkan penyerapan, sajikan makanan ini dengan segelas orange jioce.

8.Magnesium

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Nutrisi ini adalah salah satu bahan pembangun sel tubuh, dan penting untuk menghasilkan energi. Pola makan yang kaya magnesium juga akan membuat jantung anak Anda berdebar kencang hingga dewasa.

Di mana menemukannya: Sereal dedak, beras merah, tahu, kacang-kacangan, almond, dan kacang-kacangan lainnya adalah sumber yang bagus.

9.Kalium

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Hampir setiap sel dan organ di dalam tubuh membutuhkannya untuk bekerja dengan baik. Penting juga untuk tekanan darah, untuk menjaga agar jantung tetap memompa dan otot-otot bekerja saat anak berlarian.

Di mana menemukannya: Pisang mengandung kalium, tetapi Anda juga bisa menemukannya di ubi jalar, kacang putih, susu skim, dan yogurt rendah lemak.

10.Seng

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Seng dapat mencegah masuk angin dengan membantu sistem kekebalan anak-anak melawan virus dan kuman lainnya. Ditambah lagi, tubuh mereka membutuhkannya untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Di mana menemukannya: Ayam, kacang-kacangan, dan sereal sarapan yang diperkaya.

11.Makanan campuran

Cara terbaik untuk memastikan anak Anda mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan adalah dengan menyajikan campuran makanan yang berbeda. Jus jeruk, roti, dan sereal yang diperkaya juga dapat membantu Anda memastikannya mendapatkan nutrisi yang seimbang. Khawatir tentang pemilih makanan? Tanyakan kepada dokter anak Anda apakah anak Anda membutuhkan suplemen vitamin dan mineral setiap hari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak vitamin
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top