Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Cara Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Selama ini yang digencarkan hanyalah untuk rajin mencuci tangan, pakai masker, dan menjaga jarak. Padahal, perubahan perilaku yang harus dilakukan lebih dari itu.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 12 Agustus 2020  |  10:35 WIB
Begini Cara Hidup Berdampingan dengan Covid-19
Ilustrasi - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah menghadapi wabah Covid-19 selama beberapa bulan terakhir, masyarakat harus sudah kembali beraktivitas seperti biasa, namun harus ada beberapa perubahan yang dilakukan agar tetap aman dan tak terpapar Virus Corona.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari RSAB Harapan Kita, Duddy MD, mengatakan bahwa selama ini yang digencarkan hanyalah untuk rajin mencuci tangan, pakai masker, dan menjaga jarak. Padahal, perubahan perilaku yang harus dilakukan lebih dari itu.

“Yang tidak kalah penting adalah harus selalu jaga kebersihan. Setiap kali keluar rumah kita harus berpikir kita rentan terkena kuman atau virus apapun. Kalau kita menyadari hal tersebut kita akan selalu berhati-hati,” ungkap Duddy, Rabu (12/6/2020).

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk hidup bersih dan sehat adalah selalu cuci tangan sebelum memegang apapun, mengganti pakaian, mandi, dan segera rendam pakaian yang sudah dipakai setelah keluar rumah.

“Jaga kesehatan diri kita agar bisa jaga kesehatan orang serumah. Karena banyak yang terkena dampak kita bawa Covid-19 dari luar dan membuat orang serumah ikut kena. Jadi jaga kesehatan itu sampai ke rumah,” tegasnya.

Selain itu, Duddy mengatakan bahwa masyarakat juga perlu berhati-hati menerima dan menyebarkan informasi.

“Pandemi ini bukan hanya wabahnya, tapi juga informasinya. Banyak informasi yang tidak selalu in line, saling membenarkan dan menguatkan, malah kadang bertentangan. Ini jadi tantangan bagi intelektual untuk mengedukasi para masyarakat awam untuk memberikan informasi dan memahami informasi yang ada,” kata dia.

“Carilah sumber informasi yang kredibel seperti dari dari pemerintah, dan kelompok medis.”

 Menurutnya, saat ini sudah banyak kejadian yang bisa membuktikan informasi-informasi terkait Covid-19 yang sudah jelas kebenarannya.

“Orang awam sering berbagi informasi sering kali tidak tahu apakah benar atau salah. Kalau bicara Covid-19, belum kena sampai 50 persen, 30 persen pun belum, sehingga sering kebanyakan dari kita belum merasa perlu berubah,” ungkapnya.

Duddy menambahkan, perubahan gaya hidup dengan lebih menjaga kebersihan penting dilakukan sebagai bentuk adaptasi terhadap pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top