Ilustrasi kanker darah/Istimewa
Health

Pasien Kanker Darah Berisiko Tinggi Alami Gejala Covid Parah

Syaiful Millah
Selasa, 25 Agustus 2020 - 11:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Peneliti menyatakan bahwa pasien kanker berisiko tinggi terkena penyakit parah jika mereka tertular virus corona baru Covid-19, dan mereka yang menderita penyakit darah berada dalam bahaya paling besar.

Dilansir dari Bloomberg, Selasa (25/8) penelitian yang diterbitkan di jurnal The Lancet Oncology menyatakan orang dengan leukemia dan kanker darah lain, yang tertular virus corona menghadapi kemungkinan penyakit parah.

Mereka dilaporkan memiliki kemungkinan mengalami gejala parah 57 persen lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang menderita penyakit kanker payudara dan terinfeksi virus SARS-CoV-2, penyebab penyakit Covid-19.

Sebagaimana diketahui, pandemi telah membanjiri rumah sakit dengan pasien sakit di seluruh dunia. Hal ini mengganggu perawatan yang sensitif terhadap waktu untuk penyakit berat lain seperti kanker dan kondisi lain serupa.

Lennard Lee, peneliti dari University of Oxford yang terlibat dalam proyek ini mengatakan bahwa para peneliti mempelajari data dari 60 pusat di Proyek Pemantauan Kanker Virus Corona Inggris, untuk mendapatkan gambaran dari orang dengan kondisi yang paling rentan terhadap penyakit

Penemuan ini diyakini akan membantu pasien dan dokter untuk membuat keputusan yang tepat tentang risiko dan perawatan bagi pasien penderita kanker yang terkena atau terinfeksi virus corona baru, sehingga bisa meminimalisir korban jiwa.

Berdasarkan data Worldometer hingga hari ini jumlah kasus di tingkat global telah mencapai angka 34,8 juta infeksi. Angka kematiannya mencapai lebih dari 816.000 kasus dan pasien sembuh lebih dari 16,3 juta kasus.

Adapun, data dari dalam negeri hingga kemarin (24/8) telah tercatat sebanyak 155.412 kasus positif, 111.060 kasus pasien sembuh, dan 6.759 kasus meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro