Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dampak Ibu Hamil Tidak Periksa Ke Dokter Kandungan

Apakah ada dampak signifikan terhadap janin jika ibu hamil tidak melakukan pemeriksaa ke dokter?
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  11:11 WIB
Perempuan sedang hamil
Perempuan sedang hamil

Bisnis.com,JAKARTA — Pada saat pandemi seperti saat ini, banyak kekhawatiran yang dialami oleh ibu hamil seperti konsultasi ke dokter yang mengharuskan ibu hamil pergi ke luar.

Apakah ada dampak signifikan terhadap janin jika ibu hamil tidak melakukan pemeriksaa ke dokter?

dr. Jesurun Hutabarat Sp.OG mengatakan bahwa sebetulnya tidak ada resiko berbahaya apabila di kala pandemi tidak melakukan konsultasi pada dokter kandungan, namun ibu hamil akan melewati perkembangan janin.

“Kita harus paham perkembangan janin bukan hanya liat jenis kelamin saja tapi kita juga bisa mengetahui organ, letak bayi, letak ari-ari dan lainnya. Misalnya ada yang tidak sesuai bisa di deteksi dini dan diberikan solusinya nanti tiba-tiba mau lahiran baru tau bayinya sungsang,” paparnya dalam ZAP Virtual Meet Up 2020, Kamis (27/8/2020).

Perkembangan janin bisa dipantau pada trimester satu minimal satu kali, trimester dua sekali dan trimester tiga minimal dua kali dan konsultasi pada tenaga kesehatan ini direkomendasikan oleh health care. Sehingga akan berdampak apabila tidak melakukan konsultasi atau pemeriksaan.

“Pada saat hamil jika mual muntah hebat, pendarahan, kontraksi atau tidak terasa gerakan janinnya, keluar air dari kemaluan yang berbau itu makaitu harus dikonsultasikan dengan dokternya,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa untuk melahirkan juga sudah ada protokol kesehatan yang bisa dilakukan. Nantinya, prosedur yang harus dlakukan yakni rapid test, jika positif akan dilnjutkan swab test, dan jika dia terkonfirmasi Covid-19 maka dilakukan prosedur kelahiran sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah disesuaikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hamil kandungan gizi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top