Teluk Asmoro, Raja Ampatnya Malang. Video: Youtube Fredy Kwok
Travel

Jalan-jalan ke Malang Menemukan Panorama Raja Ampat

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Senin, 31 Agustus 2020 - 16:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mencari panorama Raja Ampat yang indah dan mendunia ternyata masih bisa ditemukan di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Serupa tapi tak sama, itulah penggambaran untuk pemandangan di sekitar Pantai Teluk Asmoro, Malang, Jawa Timur.

Arena wisata laut ini baru resmi dibuka dan dikenal sebagai tujuan wisata mulai 2017 lalu. Adapun pantai ini terletak di Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan.

Pantai Teluk Asmoro tak sulit ditemukan, sekitar 1 kilometer tak jauh dari Pantai Goa Cina yang sebelumnya sudah dikenal sebagai wisata bahari. Pantai Goa Cina juga menyajikan pengalaman menarik dengan hamparan bukit sekitarnya.

Lantas apa yang membuat Pantai Teluk Asmoro serupa dengan Raja Ampat? Pantai Teluk Asmoro diapit oleh gugusan bukit kapur. Dia menyajikan pemandangan bukit-bukit hijau di sekitar laut Selatan.

Uniknya, meski berada di laut Selatan yang terkenal dengan ombak yang dahsyat, nyatanya, ombak di Pantai Teluk Asmoro justru tenang dan cocok untuk wisata bersama keluarga dan orang terdekat. Anda bisa berenang, snorkling, hingga berfoto dengan berbagai pose dan latar belakang.

Sejak dibuka sebagai arena wisata, Pantai Teluk Asmoro juga menyediakan beberapa fasilitas antara lain; penginapan, warung makan, toilet umum, gazebo, mushola dan berbagai fasilitas lain.

Untuk masuk ke Pantai Teluk Asmoro, Anda hanya perlu meronggoh uang sebesar Rp10.000 per orang, dan untuk biaya parkir sepeda motor sebesar Rp5.000.

Adapun biaya untuk parkir mobil dikenakan sebesar Rp15.000. Harga tiket masuk berlaku untuk anak maupun dewasa.

Perjalanan menuju Pantai Teluk Asmoro bisa memakai motor ataupun mobil dengan lama perjalanan 3-4 jam dari pusat Kota Malang.

Anda bisa melalui jalur selatan, dengan melalui Kecamatan Bululawang. Anda terus melaju aamoai pertigaan Pabrik Gula Krebet, dan meneruskan perjalanan ke arah pantai Sendang Biru.

Nah setibanya di lokasi, untuk mencapai Pantai Teluk Asmoro, Anda masih harus melewati puluhan anak tangga. Akses ini dibangun menuruni bukit agar setibanya wisatawan bisa langsung menikmati tepian pantai.

Keunikan lain yang Pantai Asmoro adalah pemberian nama Asmoro alias Asmara. Nama ini disematkan karena jika Anda melihat pantai dari ketinggian bukit, Anda akan melihat konfigurasi bukit kapur yang mengelilingi pantai menyerupai bentuk hati atau love.

Sejumlah wisatawan yang merekomendasikan tempat ini juga mengatakan teluk ini memiliki kemiripan dengan film The Beach yang berlokasi di Thailand. Kesamaan itu terletak pada posisinya yang diapit oleh beberapa gugusan bukit kapur, dengan pepohonan yang hijau dan rindang di atasnya. Keindahan ini mirip dengan pantai yang ada di film tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro