Seorang perempuan mengikat rambut yang kusut./Style Caster
Health

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Bercabang

Newswire
Jumat, 4 September 2020 - 06:43
Bagikan

Bisnis.com, - Masalah rambut bercabang sering dialami oleh semua orang. Kerusakan ini sering terjadi karena produk kimia dan kegiatan fisik yang salah.

Kerusakan fisik rambut bisa berasal dari menyisir rambut terlalu kuat, sering menggunakan alat panas seperti pengeriting dan pelurus rambut, dan gaya rambut ketat seperti kepang.

Sementara itu, kerusakan kimiawi berasal dari pewarnaan rambut Anda (baik dengan pemutih atau pewarna), perawatan relaksasi atau pengeritingan, dan bahkan perawatan keratin.

Berikut cara merawat rambut agar tidak bercabang:

1. Bersikaplah lembut pada helai rambut

Jangan menarik atau menarik helai rambut saat menata rambut dan menyisir. Mulailah dari ujung dan lanjutkan ke atas rambut dalam beberapa bagian kecil.

Jangan pernah menggunakan karet gelang atau aksesori rambut dari logam, yang dapat menarik dan merusak rambut. Sebaliknya, carilah aksesori yang terbuat dari atau dibungkus kain. Hindari kepang atau kuncir kuda yang ketat

2. Jangan menyikat rambut basah.

Rambut basah sangat rentan terhadap kerusakan. Jika Anda harus menyisir rambut setelah mandi, coba keringkan dengan handuk sampai tidak menetes, lalu oleskan kondisioner tanpa bilas ke seluruh rambut sebelum mencoba melepaskannya.

Bila dalam kondisi terburu, maka Anda bisa memilih sisir yang bergigi lebar untuk rambut basah. Sisir bergigi lebar dirancang untuk melindungi rambut basah.

3. Hindari suhu panas pada rambut

    Panas dapat menyebabkan kerusakan besar pada helai rambut Anda, terutama jika Anda tidak melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

    Saat menggunakan alat panas, letakkan pada pengaturan panas serendah mungkin untuk mengurangi kerusakan. Jika bisa, keringkan rambut dengan udara.

    4. Sarung bantal sutra

    Tidur di atas sarung bantal sutra atau menggunakan topi rambut sutra dapat membantu mengurangi gesekan yang menyebabkan kerusakan rambut dan mengurangi tekstur halus rambut. Kain satin akan membuat rambut Anda terlihat sehat, berkilau, dan bebas kerusakan lebih lama.

    5. Mencegah pewarna rambut.

    Bahan kimia dapat menyebabkan kerusakan parah jika tidak diterapkan dengan benar. Pastikan Anda mengaplikasikan warna hanya pada akar saat Anda melakukan sentuhan ulang agar ujung rambut Anda tidak tergores oleh terlalu banyak bahan kimia.

    6. Sering pakai kondisioner

    Kondisioner rambut adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membantu menghilangkan ujung bercabang. Kondisioner melapisi rambut basah agar lebih mudah diurai, yang dapat mengurangi kerusakan dan membuatnya lebih lembut serta lebih mudah diatur.

    7. Jika semuanya gagal, mungkin sudah waktunya potong rambut

      Satu-satunya solusi nyata untuk ujung rambut bercabang adalah dengan memotongnya. Jika Anda memperhatikan bahwa rambut Anda mulai tersangkut, mudah kusut, pola ikal Anda mulai berubah, atau ujung bercabang Anda menjalar ke batang rambut, saatnya pergi ke salon atau menggunting rambut sendiri di rumah.

      Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

      Penulis : Newswire
      Sumber : Tempo.co
      Bagikan

      Artikel Terkait

      Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

      Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

      Terpopuler

      Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

      Rekomendasi Kami

      Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro