Ilustrasi/Usnews
Health

Mengendalikan Mood Swings Saat Pandemi Virus Corona

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 8 September 2020 - 15:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Jika Anda adalah tipe orang yang suasana hatinya umumnya cukup santai, mungkin mengejutkan untuk mendapati diri Anda berubah dari panas ke dingin beberapa kali sehari selama masa karantina. Ketika Anda merasa seperti pendulum konstan antara "semuanya akan menjadi hebat" dan "semuanya tanpa harapan," Anda mungkin bertanya mengapa Anda terus mengalami perubahan suasana hati.

"Jika kita mempertimbangkan seberapa banyak kehidupan telah berubah sejak awal tahun, sangat masuk akal bahwa banyak orang merasakan segalanya dengan lebih intens," kata psikoterapis Lillyana Morales, dikutip dari Bustle.com, Selasa (8/9/2020).

 "Antara Covid-19, karantina, dan isolasi, media arus utama membawa lebih banyak informasi ke masalah terkenal seperti kebrutalan polisi dan rasisme, semua digabungkan menjadi apa yang terasa seperti waktu yang singkat dan keabadian, telah memperbesar gejala atau kondisi yang sudah ada sebelumnya.

"Semua itu, katanya, terjadi dalam konteks rutinitas pribadi dan pekerjaan yang berubah secara dramatis, serta kurangnya dukungan sosial dunia nyata yang tiba-tiba namun berkepanjangan.

Mengapa Saya Memiliki Begitu Banyak Perubahan Suasana Hati Selama Pandemi?

"Sebelum tahun 2020, kebanyakan orang sudah mengalami beberapa bentuk stres, kecemasan, depresi, atau 'hal-hal' mendasar lainnya yang disingkirkan karena tanggung jawab sehari-hari seperti pekerjaan atau sekolah," katanya.

Namun, selama karantina, menyingkirkan kesehatan mental Anda dengan gangguan bukanlah pilihan yang banyak. Anda tidak bisa benar-benar pergi ke luar kota untuk melepas lelah dari hari kerja yang panjang - yang dilakukan dari sofa yang sama dengan tempat Anda seharusnya bersantai.

Ketika semua ini terjadi, Morales menjelaskan, "pikiran dan tubuh masuk ke mode pelindung, dan Anda menemukan diri Anda mengalami perubahan suasana hati." Anda mungkin tidak punya pilihan lain selain bergulat dengan kesehatan mental Anda selama isolasi karantina, kata Morales, dan itu dapat dengan mudah menyebar ke suasana hati yang tidak dapat diprediksi.

"Ketika kita tidak tahu bagaimana mengelola stres dan kecemasan itu, kita bisa merasa 'terkurung' dalam emosi kita, yang menyebabkan perubahan suasana hati," kata Katara McCarthy, seorang pelatih kehidupan dan pendiri aplikasi EXHALE, yang menyediakan emosi baik menjadi sumber daya untuk Hitam, pribumi, dan wanita kulit berwarna lainnya (BIWOC).

Kesedihan yang terus-menerus itu pasti bisa meledak dengan sendirinya menjadi perubahan suasana hati ketika semua kesedihan itu terasa seperti tidak ada tempat untuk dituju. Ketika Anda terus-menerus terombang-ambing antara "Saya tidak terkalahkan" dan "tidak ada yang layak dilakukan," Morales mengatakan bahwa itu cara pikiran Anda untuk memberi tahu Anda, "kami mengalami waktu yang sulit dan perlu memberitahu Anda."

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Mengalami Perubahan Suasana Hati?

Perubahan suasana hati seseorang yang terlihat dan cukup langsung - adalah gejala umum kepribadian atau gangguan suasana hati seperti gangguan bipolar atau gangguan kepribadian ambang. Tetapi jika pandemi ini pertama kali Anda alami, Anda mungkin tidak yakin apa yang terjadi.

"Perubahan suasana hati dapat muncul dalam berbagai cara - apakah itu halus atau ekstrim tergantung pada orangnya," kata Morales. "Periksalah diri Anda dan jadilah penasaran. Perhatikan apakah Anda merasa kurang tertarik pada aktivitas, semakin mudah marah, masalah tidur, kesulitan berkonsentrasi, dan bahkan lebih intens jika Anda memiliki pikiran untuk bunuh diri atau ingin menyakiti diri sendiri."

Kunci untuk melacak perubahan suasana hati Anda adalah mencari momen ketika seluruh pandangan Anda berubah tanpa alasan yang jelas, atau karena sesuatu yang tampak kecil. Anda menjadi merah di wajah-marah karena microwave Anda tidak berhenti berbunyi untuk mengingatkan Anda kopi Anda panas, sementara belanja bahan makanan Anda terasa seperti hal terbesar yang pernah terjadi pada Anda. Jika masalahnya sendiri mungkin tampak tidak penting, McCarthy mengatakan reaksi besar Anda mungkin terasa tidak selaras.

Tetap saja, itu bisa dimengerti, dan belum tentu merupakan pertanda sesuatu yang perlu dikhawatirkan. "Kami berada di masa yang belum pernah terjadi sebelumnya sekarang, jadi bersabarlah dengan diri Anda sendiri."

Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Saya Mengalami Perubahan Suasana Hati?

Jika Anda tiba-tiba menjadi marah, tetapi beberapa saat yang lalu Anda santai, Anda mungkin ingin bertanya apa yang Anda butuhkan untuk merasa terhibur. "Periksa diri Anda sendiri dengan menanyakan apa yang Anda butuhkan atau inginkan saat ini, dan kemudian berikan izin kepada diri Anda untuk memenuhi kebutuhan itu, apakah itu tidur siang atau camilan favorit Anda," saran McCarthy.

Anda mungkin ingin membuat daftar hal-hal yang cenderung membuat Anda merasa lebih stabil secara emosional, dan menyimpan pengingat yang mudah diakses saat Anda beralih ke mode kecemasan.

Terkadang, yang Anda butuhkan mungkin langsung - segelas air dingin atau pancuran, atau mungkin sedikit makanan jika pandemi telah menghilangkan kebiasaan makan Anda. Terkadang panggilan telepon dengan BFF Anda di zona waktu lain, atau 30 menit di TikTok setelah bekerja.

Morales mengatakan bahwa Anda mungkin juga perlu melihat lebih luas lingkungan emosional Anda untuk mencegah penumpukan stres mental.

"Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti mengambil lebih banyak istirahat kesehatan mental, menetapkan batasan yang jelas, berbicara dengan orang yang Anda rasa aman secara emosional, dan bahkan mempertimbangkan apakah Anda mungkin memerlukan dukungan ekstra dari seorang profesional kesehatan mental."

Setelah Anda menyadari bahwa suasana hati Anda telah menjadi pendulum, Anda dapat mundur dari situasi tersebut dan menjaga diri sendiri.

"Saya akan berhenti dari apa yang saya lakukan, keluar dari tempat saya sekarang, dan menyendiri," kata McCarthy, tentang teknik mengatasinya sendiri.

"Menghirup udara segar atau bahkan menggunakan beberapa teknik pernapasan untuk membumi dan memusatkan perhatian dapat membantu." Anda mungkin juga ingin memastikan bahwa Anda menggerakkan tubuh secara teratur (baik itu olahraga di rumah, berjalan di luar, atau keduanya), dan terhubung dengan keluarga dan teman dengan aman yang membuat Anda merasa diakui.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro