Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Aplikasi Video Pendek, Cara Baru Musisi Terhubung dengan Para Penggemar

Artis diajak untuk membuat gaya bercerita terbaru dengan menunjukkan kemampuan melalui video pendek.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 09 September 2020  |  14:56 WIB
Rossa - Antara
Rossa - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Cara masyarakat dalam menikmati musik favorit terus berubah dari tahun ke tahun. Pada awalnya, masyarakat menggunakan rekaman Vinyl atau Walkman yang legendaris, kemudian berubah menjadi file.mp3, dan kini melalui platform digital.

Hal yang sama pun terjadi pada cara terhubung dengan artis-artis favorit. Sebelumnya masyarakat hanya dapat membeli album CD atau menghadiri konser untuk berinteraksi dengan artis favorit mereka. Namun, kini setelah ada platform digital dan platform video pendek, penggemar dapat secara langsung berinteraksi dengan artis favoritnya dan merasakan pengalaman yang unik.

Di sisi lain, selebritas dan para musisi independen juga menemukan cara baru untuk membagikan karya mereka ke seluruh dunia dengan menciptakan konten. Baik konten live streaming, rekaman di rumah, atau menciptakan interaksi melalui tantangan hashtag, platform video pendek. Ini telah menjadi cara otentik agar dapat terhubung dengan penggemar dan memotivasi mereka mengemas kreativitas dalam beberapa detik melalui konten video pendek.

Seperti halnya Rossa, penyanyi yang baru saja merilis lagu hits “Hati yang Kau Sakiti” dalam versi Korea ini juga mulai membuat konten di platform video pendek Likee. Melalui akun resminya, dalam satu bulan dia berhasil mengumpulkan lebih dari 56.000 penggemar untuk membagikan kreasi musik dan mempromosikan karya-karya barunya kepada basis penggemar yang lebih luas.

“Aku suka bikin konten video pendek karena fitur-fiturnya mudah digunakan untuk video kreasi aku. Ini adalah platform yang simple dan efektif untuk buat konten supaya bisa berinteraksi lebih dekat dengan penggemarku,” ujarnya.

Rossa mengatakan bahwa saat ini banyak musisi dan artis yang beralih menggunakan aplikasi pembuatan video pendek karena platformnya sederhana, tetapi dapat digunakan untuk berbagi aktivitas dan berinteraksi dengan para penggemar serta dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Kelly Zhang, Country Manager Likee Indonesia mengatakan bahwa pihaknya mampu membuktikan bahwa platform video pendek merevolusi cara artis membagikan karyanya dan menghasilkan keterlibatan (engagement) yang lebih besar di industri musik.

1. Cara baru untuk mengekspresikan diri

Baik pengguna maupun pembuat konten dapat memanfaatkan berbagai referensi musik untuk menemukan cara baru saat mengekspresikan diri melalui video mereka. Dari meluncurkan teaser kreatif atau kampanye untuk acara mendatang hingga membagikan konten eksklusif melalui platform, baik artis maupun pengguna diajak untuk membuat gaya bercerita terbaru dengan menunjukkan kemampuan mereka.

2. Promosikan musik di level berbeda

Salah satu hal yang paling menarik dari aplikasi ini adalah fitur unik yang membantu membagikan karya para musisi dan kreator untuk menjangkau lebih banyak orang. Menurut statistik yang dibagikan oleh WordStream, 92 persen pengguna membagikan video yang mereka tonton di perangkat seluler, membantu memperluas jangkauan penonton artis.

Aplikasi ini juga menyediakan beragam sumber dan fitur untuk mendukung mempromosikan karya artis melalui konser live, video klip, atau kolaborasi dengan artis lainnya.

1. Menghubungkan penggemar dengan artis dan brand terfavorit

Selama masa pandemi berlangsung, aplikasi ini telah menjadi cara terbaik bagi penggemar untuk mengetahui keadaan artis-artis favorit mereka, yang juga memperkuat interaksi mereka dengan cara yang unik. Seperti Papinka Band yang menghibur para penggemarnya melalui konser live di Likee untuk menemani dan menghibur para penggemar mereka yang sedang berada di rumah dalam rangka mematuhi peraturan social distancing pemerintah pada bulan April lalu.

Lebih lanjut Kelly Zhang menuturkan bahwa tren sosial baru ini menunjukkan bahwa dunia musik dan video pendek bisa menjadi pasangan yang sempurna. Fenomena kesuksesan aplikasi video pendek baru-baru ini disebabkan oleh kecocokannya yang luar biasa dengan industri musik.

“Kami menilai menggandeng pelaku industri musik di Indonesia berperan besar dalam fenomena ini. Dari kami, kami bekerja sama dengan berbagai musisi dan artis untuk mempromosikan lagu baru mereka,” tuturnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musik rossa video
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top