Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Epidemiolog Sebut Butuh PSBB Nasional untuk Tekan Kasus Covid-19

Menurutnya, jika secara nasional tidak bisa diterapkan, maka kebijakan itu diterapkan minimal di semua wilayah jawa-bali.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 10 September 2020  |  06:36 WIB
Epidemiolog UI Pandu Riono
Epidemiolog UI Pandu Riono

Bisnis.com, JAKARTA - Epidemiolog Universitas Indonesia Pandu Riono menegaskan perlu adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara nasional untuk mengatasi pandemi covid-19 di tanah air.

Menurutnya, jika secara nasional tidak bisa diterapkan, maka kebijakan itu diterapkan minimal di semua wilayah jawa-bali.

"Ini kalau sesungguhnya jadi prioritas penanganan pandemi sudah menjadi niat NKRI yg bulat," demikian menurutnya dikutip dari akun twitternya.

Dia menjelaskan, kebijakan PSBB ketat diperlukan untuk atasi lonjakan kasus yang sangat tinggi, dan sebaiknya berlaku sampai terjadi penurunan kasus yang signifikan.

Dia menambahkan PSBB harus capai lebih 55% penduduk patuh tinggal di rumah, sekaligus meningkatkan sampai lebih 85% penduduk pakai masker (3M) sebelum dilonggarkan.

Sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan mengumumkan Jakarta kembali melaksanakan PSBB total selama dua pekan mulai 14 September 2020.

Kebijakan itu menyusul naiknya jumlah kasus covid-19 di Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top