Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Manfaat dan Waktu Terbaik Menyeruput Teh Hijau

Minum teh hijau setelah makan dan di malam hari adalah cara terburuk dari meminum teh.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 22 September 2020  |  10:55 WIB
teh hijau - boldsky.com
teh hijau - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menyeruput teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Minuman ini cukup populer karena tidak hanya sifat penurunan berat badannya tetapi juga membantu mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, menenangkan pikiran, hingga baik untuk kesehatan jantung dan otak.

Teh hijau dibuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut.  

Berikut 5 hal yang perlu Anda ketahui mengenai teh hijau, dilansir dari Times of India, Selasa (22/9/2020),:

1. Waktu terbaik menyeruput teh hijau

Sejumlah orang mungkin menyesap teh hijau sepanjang hari. Beberapa orang bahkan meminum secangkir teh hijau di malam hari, sebelum tidur.

Penting untuk dipahami meskipun teh hijau lebih sehat daripada teh atau kopi tradisional, bukan berarti Anda bisa meminumnya sepanjang hari.  Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari teh hijau, penting untuk dikonsumsi pada waktu yang tepat. Studi menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk minum teh hijau adalah di pagi hari dan sebelum berolahraga.

2. Manfaat teh hijau

Seperti kopi, teh hijau juga mengandung sejumlah kafein dan L-theanine. Keduanya dapat membantu meningkatkan suasana hati dan meningkatkan tingkat konsentrasi.

Jika motif Anda adalah membakar lemak, maka minumlah teh hijau sebelum sebelum berolahraga. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan ini dapat meningkatkan proses pembakaran lemak selama latihan.

3. Waktu terburuk minum teh hijau

Minum teh hijau setelah makan dan di malam hari adalah yang terburuk dari semuanya. Ada berbagai jenis senyawa yang ditemukan dalam teh hijau, yang dapat mengikat mineral di dalam makanan dan dapat menghalangi penyerapannya di dalam tubuh. Besi, tembaga, dan kromium adalah beberapa mineral yang mungkin tidak diserap oleh tubuh jika Anda minum teh hijau segera setelah makan.

Menyeruput secangkir teh hangat sebelum tidur mungkin tampak seperti ide yang bagus, tetapi sebenarnya tidak. Lagi-lagi kandungan kafein dalam teh hijau mungkin akan membuat Anda sulit untuk tertidur. Ini juga dapat menyebabkan kecemasan, tekanan darah tinggi, dan kegugupan.

4. Kandungan kafein dalam teh hijau

Kandungan kafein dalam secangkir teh hijau tergantung pada durasi waktu pemberian dan jumlah teh. Teh hijau mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan dengan teh hitam dan kopi. Secara umum, 230 ml teh hijau mengandung 20-45 miligram kafein, yang jauh lebih sedikit dari jumlah kafein yang ditemukan dalam kopi dan teh.

5. Cara membuat teh hijau lebih sehat

Teh hijau itu sehat. Tetapi jika Anda ingin memaksimalkan efek positif teh hijau, dan membuatnya terasa lebih enak pada saat bersamaan, cobalah menggunakan air hangat untuk menyeduhnya. Air dengan suhu antara 160 dan 180 derajat adalah yang terbaik.

Jangan menyeduh teh hijau lebih dari 2-3 menit. Lebih sedikit waktu akan mencegah daun teh melepaskan rasanya sementara lebih banyak waktu akan membuat teh Anda pahit. Menambahkan 2 gram daun teh ke 177 ml air adalah rasio yang tepat untuk membuat secangkir teh yang sehat dan enak. Anda bisa menambahkan beberapa daun mint, jus lemon dan satu sendok teh madu ke dalam teh hijau Anda untuk meningkatkan rasanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teh teh hijau tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top