Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

China Siap Salurkan Vaksin Virus Corona Awal 2021, Nama Indonesia Disebut

Bos besar SinoVac mengakui penduduk Indonesia terlibat dalam uji klinis vaksin virus corona (Covid-19) asal China.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 25 September 2020  |  14:45 WIB
Seorang peneliti bekerja di laboratorium pusat pencegahan dan pengendalian penyakit di Nanyang, Provinsi Henan, China tengah, pada 4 Februari 2020. - Antara/Xinhua
Seorang peneliti bekerja di laboratorium pusat pencegahan dan pengendalian penyakit di Nanyang, Provinsi Henan, China tengah, pada 4 Februari 2020. - Antara/Xinhua

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan asal China berjanji untuk menyebarkan vaksin virus corona  (Covid-19) pada awal 2021 ke seluruh dunia.

CEO SinoVac, Yin Weidong mengatakan secara pribadi telah diberi vaksin eksperimental. Dia mengaku, pembuatan vaksin corona awalnya hanya ditujukan untuk Wuhan dan China, tetapi kini vaksin Covid-19 sudah dirancang untuk memenuhi kebutuhan dunia.

“Tujuan kami adalah memberikan vaksin kepada dunia termasuk AS, UE, dan lainnya,” kata Yin seperti dikutip dari Euronews, Jumat (25/9/2020).

Perlu diketahui bahwa ada peraturan yang cukup ketat dari AS, Uni Eropa, Jepang, dan Australia, secara historis untuk memblokir penjualan vaksin asal China. Namun, Yin meyakini bahwa bakal ada pengecualian untuk vaksin virus corona.

SinoVac sedang mengembangkan salah satu dari empat kandidat vaksin China teratas yakni bersama SinoPharm (milik negara), ada dua dalam pengembangan, dan satu lagi dikembangkan bersama perusahaan swasta CanSino yang berafiliasi dengan militer.

Lebih dari 24.000 orang berpartisipasi dalam uji klinis CoronaVac di Brasil, Turki, dan Indonesia, dengan uji coba tambahan dijadwalkan untuk Bangladesh dan mungkin Chili, kata Yin.

“SinoVac memilih negara-negara tersebut karena mereka semua memiliki wabah yang serius, dengan populasi yang besar dan kapasitas penelitian dan pengembangan yang terbatas,” ungkap Yin.

Kabar terbaru terkait vaksin dari China yakni Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini memberikan 'lampu hijau' atas hasil uji klinis vaksin virus corona. WHO juga berharap agar vaksin virus corona China bisa mengakhiri pandemi corona dan memulihkan ekonomi dunia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china Vaksin Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top