Lambang WHO di pintu utama kantor pusatnya di Jenewa, Swiss/ Bloomberg-Stefan Wermuth
Health

WHO Prediksi 10 Persen Penduduk Dunia Positif Covid-19, Negara-negara Diminta Serius

Ika Fatma Ramadhansari
Selasa, 6 Oktober 2020 - 14:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Program Kedaruratan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr. Michael Ryan mengungkapkan 10 persen atau 1 dari 10 orang di dunia telah terinfeksi virus corona (Covid-19). Artinya angka itu lebih dari 20 kali lipat data kasus yang terkonfirmasi.

WHO juga memperingatkan angkanya bisa terus bertambah ke depan.

Pasalnya, penyebaran kasus Covid-19 akan semakin meluas mulai dari perkotaan hingga pedesaan di berbagai belahan dunia. Tetapi masyarakat diminta untuk tidak khawatir dikarenakan angka kematian kini sudah bisa ditekan.

"Sudah banyak kematian yang ditekan dan akan lebih banyak lagi nyawa yang akan diselamatkan," ungkap Ryan dalam rapat 34 eksekutif direksi WHO, Senin (5/10/2020).

Pada pertemuan tersebut Ryan menjabarkan belahan dunia bagian Asia Tenggara kini sedang menghadapi gelombang peningkatan jumlah kasus positif. Begitu juga dengan Eropa dan kawasan Mediterania Timur yang mengalami peningkatan kasus. Sementara wilayah Afrika dan Pasifik Barat juga tidak jauh berbeda dengan daerah lainnya.

Data kasus positif yang dimiliki WHO dan juga Universitas Johns Hopkins saat ini sebanyak 35 juta orang. Data yang terkumpul saat ini dianggap jauh dari jumlah kasus positif yang sebenarnya. Berdasarkan prediksi 10% tadi, artinya diperkirakan 760 juta penduduk bumi telah terinfeksi covid-19 dari total 7,6 miliar orang di dunia saat ini.

Juru bicara WHO Dr. Margaret Harris menyampaikan data tersebut berdasarkan hasil studi mengenai antibodi rata-rata manusia. Artinya 90% manusia belum terinfeksi yang membuat ada peluang bagi virus untuk terus menyebarluas.

"Yang telah kita pelajari adalah setiap bagian dunia daerah dengan kepemimpinan kuat disertai dengan strategi komprehensif dan jelas, konsisten berkomunikasi, terhubung, dan memberdayakan masyarakatnya tidak ada kata terlambat untuk membalikkan keadaan," ungkap Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur WHO.

Lebih lanjut Tedros menyampaikan dibutuhkannya keseriusan pemerintah dibidang kesehatan baik fasiltas maupun tenaga kesehatan dan juga menjaga kesehatan lebih ketat bagi seluruh penduduk bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro