Ilustrasi karaoke/karaokeler.com
Relationship

Wah, Kutipan Lagu Bisa Cegah Remaja Stres

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Senin, 12 Oktober 2020 - 15:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Mendengarkan musik dan menimba inspirasi dari lirik lagu ternyata efektif menekan potensi stres pada remaja di era pandemi.

Menurut survei Ruang Peka UNICEF di Indonesia, tercatat ada 29 persen yang menganggap mendengarkan musik sebagai salah satu aktivitas paling efektif yang dilakukan oleh remaja untuk menurunkan tingkat stres maupun kecemasan selama periode pandemi atau PSBB.

Hal itu semakin diperkuat oleh survei yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO) dari Juni hingga Agustus 2020 di 130 negara, ditemukan bahwa lebih dari 60 persen melaporkan gangguan layanan kesehatan mental bagi orang-orang yang rentan, termasuk anak-anak dan remaja 72 persen dan orang dewasa yang lebih tua 70 persen.

Christo Putra,  Head of Music and Content Resso Indonesia menjelaskan musik adalah salah satu alat yang ampuh untuk membantu kesehatan mental. Musik memiliki kemampuan untuk membuat seseorang menari dan bernyanyi sepenuh hati.

Oleh sebab itu, Resso berinisiatif ekuatan Lirik, Musik dan Mengapa Fitur Lyrics Quote sebagao salah satu fitur utama dari Resso yang memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi musik secara lebih dalam.

 

"Mulai dari Indie dan Kpop hingga elektronik dan pop, serta berbagai genre lainnya, ada variasi yang tak ada habisnya dalam mendengarkan musik dan menemukan lagu serta lirik yang cocok menggambarkan suasana hati adalah hal yang penting, " ujar Christo, Senin (12/9/2020).

Banyak lagu yang dapat memotivasi pendengar saat ini, mulai dari genre K-pop, seperti lagu SuperM “Better Days” dari album terbarunya Super One, hingga lagu Indonesia seperti “Rehat” dari Kunto Aji.

Adapun dengan mendengarkan lagu-lagu tersebut dan meresapi liriknya dapat membantu memberi kenyamanan bagi kita dan motivasi untuk tetap bersemangat menghadapi berbagai situasi yang tidak menentu saat ini.

 

Lirik memainkan peran penting dalam sebuah lagu karena dapat membantu pendengar menyampaikan apa yang mereka rasakan dan pikirkan saat ini. Oleh karena itu fitur Lyrics Quote dari Resso tidak hanya memungkinkan pengguna untuk bernyanyi bersama dengan lagu favorit mereka, tetapi juga membagikan lirik favorit mereka dan mengunggahnya di media sosial. Dengan membagikan lirik, pengguna juga dapat membantu memberi motivasi pada orang-orang di sekitarnya.

Berikut adalah empat cara mudah untuk membagikan lirik favorit Anda di media sosial:

Pertama, anda harus mengunduh aplikasi Resso di App Store untuk iOS dan Google Play untuk Android. Nikmati free trial premium secara gratis selama 14 hari untuk pengguna baru.

Kedua, pilihlah lagu favorit dan klik simbol panah di samping bagian komentar.

Ketiga, pengguna dapat memilih kutipan lirik sesuai keinginan & memilih vibe atau latar belakang gambar maupun video yang ingin digunakan. Setiap video lirik memiliki durasi maksimal 30 detik.

Keempat, setelah selesai, pengguna dapat membagikannya langsung ke berbagai media sosial, termasuk Instagram dan Facebook.

Sebagai catatan, Covid-19 memang menghadirkan ancaman serius bagi kesehatan fisik dan mental. Namun kesehatan mental yang biasanya kurang mendapat perhatian oada masa yang sulit seperti saat ini, penting untuk menemukan cara untuk menghadapi hal tersebut.

Termasuk dengan mendengarkan musik yang memberi kenyamanan, melakukan hobi baru, atau istirahat sesekali untuk menjaga kondisi psikologis kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro