Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Penularan Covid-19, Kemenkes Andalkan Tele Sehat

Tele Sehat yang dibentuk di berbagai daerah diharapkan bisa memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh dan mengurangi dampak negatif dari pandemi Covid-19.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  14:50 WIB
Sel virus Corona - Istimewa
Sel virus Corona - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan mengandalkan salah satu sistem kesehatan, Tele Sehat untuk membantu masyarakat memahami cara pencegahan penularan Covid-19.

Diluncurkan sejak 1 Juni 2020 lalu, Tele Sehat kini telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat untuk berkomunikasi secara digital dengan dokter Puskesmas.

Staf Khusus Menteri Bidang Peningkatan SDM Kesehatan Mariya Mubarika mengatakan, Tele Sehat bisa digunakan masyarakat untuk konsultasi komunikasi, informasi, edukasi, dan triase.

“Ini adalah sebuah ‘jalur evakuasi’ yang dibuat memang untuk mengatasi masalah Covid-19. Kami mengharapkan masyarakat juga berpartisipasi, karena kita butuh sistem yang bisa mengakomodir antara masyarakat dan dokter di Puskesmas,” katanya, dikutip melalui keterangan resmi Kementerian Kesehatan, Rabu (14/10/2020).

Tele Sehat memberikan beberapa manfaat, antara lain akses untuk menilai status kesehatannya sehingga paham apakah masuk kelompok rentan, dan risiko tinggi atau tidak. Selain itu, masyarakat juga dapat memahami cara mencegah dari tertular Covid-19.

Mariya berharap dengan Tele Sehat yang dibentuk di berbagai daerah akan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh dan mengurangi dampak negatif dari pandemi Covid-19.

“Dengan konsultasi digital kita harapkan masyarakat jadi terbiasa dengan paradigma ke dokter bukan untuk berobat tapi untuk mencegah,” kata Mariya.

Untuk menggunakan sistem tersebut, masyarakat bisa mengakses website telesehat.kemkes.go.id. Di dalamnya, masyarakat akan menemukan tiga fitur yaitu Edukasi, Konsultasi, dan Faskes terdekat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian kesehatan Virus Corona Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top