Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Membandingkan Pandemi Virus Corona dengan Pandemi Lain yang Pernah Terjadi

Setiap pandemi memiliki sifat penyakit yang berbeda hingga konteks sosial dan politik yang bervariasi di mana pandemi berkembang.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  14:30 WIB
Covid-19 adalah tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.  - Takeda
Covid-19 adalah tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. - Takeda

Bisnis.com, JAKARTA – Wabah virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang menyebabkan pandemi Covid-19 telah menjangkit lebih dari 35 juta orang di seluruh dunia. Namun demikian, ini bukan pandemi global yang pertama terjadi.

Enam virus corona manusia lainnya mirip dengan SARS-CoV-2, dan oleh karenanya telah banyak perbandingan yang dibuat antara pandemi saat ini dan pandemi sebelumnya, dari pandemi SARS 2002 dan MERS 2012 hingga wabah pes abad ke-14.

Sulit untuk membuat perbandingan langsung antara setiap pandemi karena semuanya berkembang dalam keadaan tertentu. Mulai dari sifat penyakit itu sendiri yang berbeda hingga konteks sosial dan politik yang bervariasi di mana pandemi berkembang.

Misalnya, pandemi influenza H1N1 1918 atau dikenal dengan Flu Spanyol yang terjadi selama Perang Dunia 1, yang berarti bahwa tentara sedang bepergian dan menyebarkan virus ke seluruh dunia. Sementar SARS-CoV-2, langkah-langkah penguncian yang ketat diberlakukan pada awal pandemi, yang membatasi penyebaran penyakit bahkan di dalam kota.

Selain itu, kemajuan ilmiah dan medis serta pengetahuan tentang pandemi sebelumnya kini membantu untuk memahami, mengendalikan, dan menghentikan pandemi. Contohnya, para ilmuwan sekarang dapat mengidentifikasi penyakit baru dengan lebih mudah dan sebagai hasilnya, pencegahan wabah dapat dicapai lebih cepat.

Praktik kebersihan juga jauh lebih baik di fasilitas medis kontemporer karena pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana penyakit menyebar. Namun, bergantung pada seberapa menular penyakit itu dan seberapa parah gejalanya, tidak ada jaminan bahwa epidemi, pandemi, atau kematian dapat dihindari sepenuhnya.

Dilansir dari News Medical Net, Kamis (15/10/2020) berikut ini adalah perbandingan sejumlah wabah penyakit yang pernah terjadi di dunia. Mulai dari asal penyakitnya, penyebaran, hingga tingkat kasus dan kematian yang disebabkan.

Asal Penyakit

Penyakit dapat menyebar ke manusia dari berbagai sumber, dari bakteri yang menyebar melalui gigitan kutu hingga virus yang berpindah dari hewan ke manusia. Adapun, sumber tujuh pandemi utama meliputi :

  1. Influenza 1918 dan 2009 (H1N1): babi pada tahun 1918 dan 2009.
  2. Avian influenza A (H5N1 dan H7N9): unggas
  3. Wabah pes: Yersinia pestis, bakteri zoonosis yang ditemukan pada kutu dan mamalia kecil
  4. Covid-19: belum dikonfirmasi, tetapi kemungkinan berasal dari sumber kelelawar
  5. Ebola: kelelawar
  6. MERS-CoV: kelelawar
  7. SARS-CoV: kelelawar

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit pandemi corona
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top