Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Partikel Nafas Tersebar 10 kali lebih Banyak saat Berbicara, Jangan Lepas Masker

Pakar pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKMUI) mengingatkan pentingnya menggunakan masker di ruangan tertutup tanpa ventilasi, karena partikel nafas tersebar 10 kali lebih banyak saat orang berbicara.
Sutarno
Sutarno - Bisnis.com 29 Oktober 2020  |  14:30 WIB
Partikel Nafas Tersebar 10 kali lebih Banyak saat Berbicara, Jangan Lepas Masker
Di ruangan terutup, partikel nafas tersebar 10 kali lebih banyak saat berbicara dan 50 kali lebih banyak saat berteriak atau beryanyi. Foto: Twitter drpriono1
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pakar pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKMUI) mengingatkan pentingnya menggunakan masker di ruangan tertutup tanpa ventilasi, karena partikel nafas tersebar 10 kali lebih banyak saat orang berbicara.

Pandu Riono, pakar pandemi FKMUI, mengingatkan agar masyarakat tidak melepas masker saat saling bertemu di ruangan tertutup tanpa ventilasi.

"Bila kita berada di ruang tertutup, di ruang dg ventilasi terbatas, jangan lepas masker. Jangan bicara, berteriak atau menyanyi. Semua itu sangat BERISIKO," ujar Pandu Riono melalui akun twitternya @drpriono1 hari ini, Kamis (29/10/2020).

Sambil sedikit berseloroh, Pandu Riono mengingatkan bilamana perlu masyarakat menggunakan bahas isyarat saat harus berbicara di kerumunan dalam ruangan tertutup tanpa ventilasi.

"Mungkin kita perlu belajar bahasa isyarat, agar bisa berkomunikasi, dg tidak meningkatkan risiko penularan Covid19. Waspada!" tutur Pandu Riono.

Dalam postingan itu Pandu Riono memposting hasil riset yang menunjukkan bahwa jika seseorang berbicara, partikel nafas yang tersebar 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan ketika diam.

Sementara itu jika bernyanyi atau berteriak, seseorang akan menyebarkan 50 kali lipat lebih banyak partikel nafas di ruangan tertutup tanpa ventilasi.

Jika seseorang dihinggapi Viru Covid-19 kemudian berteriak atau bernyanyi, dalam satu jam orang itu memancarkan 1.500 infeksi di ruangan tertutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona masker Covid-19
Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top