ilustrasi mobile banking
Fashion

Layanan Online Banking jadi Pilihan Utama Selama Pandemi

Dewi Andriani
Kamis, 5 November 2020 - 17:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 telah mengubah cara hidup masyarakat dalam berbagai hal, termasuk dalam melakukan transaksi keuangan. Makin banyak masyarakat yang memerlukan ketersediaan teknologi untuk memfasilitasi mereka dalam melakukan transaksi keuangan secara online.

Peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap hal tersebut tercermin dari pertumbuhan pengguna layanan keuangan berbasis online, salah satunya Flip.id. Aplikasi yang menyediakan layanan transfer gratis antar bank tersebut mencatat peningkatan pengguna sebanyak hampir 100 persen atau dua kali lipat selama pandemi berlangsung dibanding sebelum pandemi terjadi.

“Kami melihat peningkatan kebutuhan masyarakat untuk melakukan transaksi kirim uang secara online, yang sebelumnya lebih banyak didominasi penggunaan ATM,” ujar Rafi Putra Arriyan, CEO Flip.id dalam konferensi pers virtual, Kamis (5/11/2020).

Selain itu, pandemi juga membuat banyak masyarakat yang memperketat pengeluaran sehingga layanan transfer antar bank gratis yang ditawarkan Flip.id menjadi salah satu solusi mengurangi pengeluaran.

Tak hanya masyarakat umum, para pelaku bisnis mikro juga dapat terbantu dengan layanan transfer bebas biaya antar bank melalui aplikasi tersebut. Para pelakunya dapat menghemat pengeluaran operasional saat harus melakukan transaksi kirim uang ke supplier maupun konsumen .

Untuk memenuhi kebutuhan transfer antar bank dari masyarakat yang kian meningkat, Flip.id menggandeng PT Bank DBS Indonesia yang menyediaka solusi teknologi DBS RAPID sehingga memungkinka proses transfer antar bank di Flip.id berjalan lancar tanpa hambatan.
DBS RAPID sendiri mengintegrasikan pemrosesan secara real time terkait pembayaran, dan mempermudah transaksi bisnis di jaringan (ekosistem).

Melalui layanan perbankan korporasi DBS RAPID, PT Bank DBS Indonesia memungkinkan nasabah korporasinya mengubah alur kerja operasionalnya menjadi digital dengan proses yang lancar tanpa hambatan.

“Flip.id. DBS RAPID memungkinkan koneksi langsung antara sistem Flip.id dengan sistem PT Bank DBS Indonesia, sehingga Flip.id dapat memberikan instruksi untuk transaksi langsung dari sistem mereka tanpa harus melakukan login ke portal internet banking,” ujar Husin Hartono, Head of Sales Global Transaction Services PT Bank DBS Indonesia.

Melalui layanan untuk mitra perusahaan Flip yang disebut dengan Big Flip, perusahaan pengguna Big Flip juga memiliki kanal alternatif untuk melakukan proses pembayaran ke PT Bank DBS Indonesia. Hal ini tak lepas dari koneksi secara langsung antara Flip.id dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi atau Application Programming Interface (API) yang dimiliki oleh PT Bank DBS Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro