Ilustrasi menopause/Istimewa
Health

Ini Gejala Monopause Pada Wanita

Desyinta Nuraini
Jumat, 6 November 2020 - 11:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menopause akan dialami setiap wanita yang mengalami menstruasi dan merupakan bagian alami dari proses penuaan. Namun setiap wanita memiliki waktu yang berbeda-beda ketika masuk dalam fase menopause.

Ginekolog dan Dokter Kandungan Intimina UK, Dr Shree Datta mengatakan durasi dan tingkat keparahan gejala menopause berbeda dari wanita ke wanita. Menopause terjadi ketika kadar hormon tubuh berubah.

Dia menjelaskan ketika wanita mulai memasuki masa menopause, ada penurunan kadar estrogen dan progesteron dan pada akhirnya ovarium akan pensiun.

“Anda mungkin memperhatikan adanya perubahan dalam menstruasi Anda, misalnya, frekuensi atau keteraturannya menjelang menopause, tetapi kadang-kadang bisa berhenti tiba-tiba. Pada beberapa wanita, menopause mungkin disebabkan oleh pengobatan seperti kemoterapi," tuturnya dilansir Express UK, Jumat (6/11/2020).

Kebanyakan wanita mengalami setidaknya satu gejala di sekitar waktu menopause. Datta menyebut gejalanya sangat bervariasi dari satu wanita ke wanita lain, seperti seberapa parah mereka dan berapa lama mereka bertahan.

Gejala umum termasuk rasa panas, keringat malam, kekeringan vagina, perubahan suasana hati (seperti perasaan cemas atau depresi), kelelahan, kesulitan tidur, sakit kepala, penurunan libido, nyeri sendi atau otot.

"Kita semua pernah mendengar tentang hot flashes, dan itu karena itu adalah salah satu gejala menopause yang paling umum dialami. Mereka tiba-tiba merasa panas, berkeringat, jantung berdebar dan memerah yang menyebar dari wajah ke seluruh tubuh dan berlangsung selama beberapa menit," jelasnya.

Datta menyebut beberapa orang hanya mengalami sedikit hot flushes, di mana yang lain mengalaminya beberapa hari dan beberapa mungkin mengalami kemerahan dan berkeringat. "Mereka disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh, tetapi dapat dipicu oleh stres, alkohol atau kopi, makanan pedas, dan merokok," jelasnya.

Sementara itu, Datta mengatakan menopause biasanya terjadi antara usia 45 hingga 55 tahun, saat menstruasi Anda berhenti. “Ini terjadi saat kadar hormon Anda turun dan berarti Anda tidak lagi melepaskan telur untuk hamil secara alami," tuturnya.

Usia rata-rata wanita untuk mengalami menopause adalah 51 tahun. Sementara gejala menopause biasanya timbul 12 bulan sejak menstruasi terakhir. Namun, rata-rata sebagian besar gejala berlangsung sekitar empat tahun dari periode terakhir menstruasi.

Sekitar satu dari setiap 10 wanita mengalami gejala hingga 12 tahun. “Gejala menopause dapat berlanjut, meskipun mungkin menjadi jauh lebih bisa dikendalikan. Anda mungkin memperhatikan masa transisi di mana Anda mulai mengalami gejala menopause sebelum menstruasi Anda berhenti sepenuhnya dan ini mungkin berlangsung beberapa tahun," terangnya.

Di sisi lain, Datta mengatakan ada serangkaian tindakan untuk mengatasi gejala menopause, dan penanganannya bergantung pada gejala yang Anda alami. Misalnya, jika mengalami kekeringan pada vagina, dokter akan mempertimbangkan apakah krim berbasis estrogen dapat membantu gejala tersebut.

Anda juga dapat menjalani Terapi Penggantian Hormon tetapi mungkin perlu meninjau pola makan dan gaya hidup Anda sebelum melakukannya. “Jika Anda mengalami hot flashes, kami akan meninjau diet dan asupan kafein dan alkohol Anda serta mempertimbangkan terapi estrogen dan progesteron," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro