Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

9 Alasan Single Mom Jadi Perempuan Tangguh

Ibu tunggal harus bisa memasak, membereskan rumah, memperbaiki lampu yang putus, dan mencari uang untuk kebutuhan anak.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 13 Oktober 2020  |  16:29 WIB
ilustrasi parenting - bisnis.com
ilustrasi parenting - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ibu tunggal adalah perempuan hebat, sebab mampu membesarkan anak seorang diri tanpa bantuan dari suami.

Hanya sebagian perempuan yang tangguh dan mampu bertahan untuk menafkahi sekaligus menjadi ayah bagi anak-anak yang dilahirkannya. Mengutip dari Bolde, Selasa (13/10/2020), ini alasan ibu tunggal (single mom) disebut sebagai perempuan yang tangguh:

  1. Mandiri

Memasak, membersihkan rumah, bekerja, merawat diri sendiri, dan anak bisa melelahkan. Ibu tunggal bisa menyelesaikan apapun. Ibu tunggal adalah sosok manusia super.

  1. Berhasil meskipun tanpa dukungan suami

Saat anak yang sedang tantrum dan mencari perhatian ketika ibu sedang sibuk, maka dia bisa sangat mahir menenangkan anaknya. Ibu tunggal dengan anggun akan merayu dan membujuk anak.

  1. Membagi waktu bekerja dan urusan anak

Ibu tunggal tidak memiliki kemewahan untuk mendelegasikan tanggung jawab kepada orang lain. Jika ada pertemuan orang tua-guru yang juga bertepat dengan jam kerja maka ibu tunggal akan mengelola waktu dengan cerdas.

  1. Terbatasnya waktu untuk diri sendiri

Setiap orang berhak untuk memanjakan diri mereka sendiri atau sekedar mengambil cuti dari kehidupan mereka yang sibuk. Namun, para ibu tunggal tidak tahu apa artinya itu, karena libur malam mereka termasuk menonton episode favorit anak-anaknya berulang-ulang.

  1. Mengorbankan hidup untuk anak

Ibu tunggal mencintai anak-anaknya lebih dari anaknya sendiri. Dia akan dan selalu membuat anaknya tersenyum meskipun sedang merasa letih.

  1. Penghasilan tunggal

Perempuan yang membesarkan anak sendiri harus bertahan dengan satu gaji. Sebab, masih sulit untuk mencari penghasilan tambahan. Dia berusaha menangani tekanan finansial sendirian sambil tetap berusaha memberikan kebutuhan anaknya.

  1. Harus menjadi segalanya

Ibu tunggal harus menjadi perawat, guru, mekanik, tukang ledeng, koki, pembantu, dan sopir. 

  1. Tetap kuat meskipun berbeban berat

Tentu, ibu tunggal adalah perempuan dengan perjuangan. Dia bisa menahan air mata.

  1. Kurang diperhatikan

Siapa pun yang pernah diremehkan tahu betapa buruknya emosional ibu tunggal.  Namun, tak bisa dipungkiri ibu tunggal terus menerus memiliki perasaan kurang dihargai atas segala usahanya.

Hal yang perlu diingat adalah ibu tunggal menciptakan generasi masa depan sendiri dan tanpa adanya pengakuan dari banyak orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mandiri perempuan tips bahagia
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top