ilustrasi parenting/bisnis.com
Health

9 Alasan Single Mom Jadi Perempuan Tangguh

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 13 Oktober 2020 - 16:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ibu tunggal adalah perempuan hebat, sebab mampu membesarkan anak seorang diri tanpa bantuan dari suami.

Hanya sebagian perempuan yang tangguh dan mampu bertahan untuk menafkahi sekaligus menjadi ayah bagi anak-anak yang dilahirkannya. Mengutip dari Bolde, Selasa (13/10/2020), ini alasan ibu tunggal (single mom) disebut sebagai perempuan yang tangguh:

  1. Mandiri

Memasak, membersihkan rumah, bekerja, merawat diri sendiri, dan anak bisa melelahkan. Ibu tunggal bisa menyelesaikan apapun. Ibu tunggal adalah sosok manusia super.

  1. Berhasil meskipun tanpa dukungan suami

Saat anak yang sedang tantrum dan mencari perhatian ketika ibu sedang sibuk, maka dia bisa sangat mahir menenangkan anaknya. Ibu tunggal dengan anggun akan merayu dan membujuk anak.

  1. Membagi waktu bekerja dan urusan anak

Ibu tunggal tidak memiliki kemewahan untuk mendelegasikan tanggung jawab kepada orang lain. Jika ada pertemuan orang tua-guru yang juga bertepat dengan jam kerja maka ibu tunggal akan mengelola waktu dengan cerdas.

  1. Terbatasnya waktu untuk diri sendiri

Setiap orang berhak untuk memanjakan diri mereka sendiri atau sekedar mengambil cuti dari kehidupan mereka yang sibuk. Namun, para ibu tunggal tidak tahu apa artinya itu, karena libur malam mereka termasuk menonton episode favorit anak-anaknya berulang-ulang.

  1. Mengorbankan hidup untuk anak

Ibu tunggal mencintai anak-anaknya lebih dari anaknya sendiri. Dia akan dan selalu membuat anaknya tersenyum meskipun sedang merasa letih.

  1. Penghasilan tunggal

Perempuan yang membesarkan anak sendiri harus bertahan dengan satu gaji. Sebab, masih sulit untuk mencari penghasilan tambahan. Dia berusaha menangani tekanan finansial sendirian sambil tetap berusaha memberikan kebutuhan anaknya.

  1. Harus menjadi segalanya

Ibu tunggal harus menjadi perawat, guru, mekanik, tukang ledeng, koki, pembantu, dan sopir. 

  1. Tetap kuat meskipun berbeban berat

Tentu, ibu tunggal adalah perempuan dengan perjuangan. Dia bisa menahan air mata.

  1. Kurang diperhatikan

Siapa pun yang pernah diremehkan tahu betapa buruknya emosional ibu tunggal.  Namun, tak bisa dipungkiri ibu tunggal terus menerus memiliki perasaan kurang dihargai atas segala usahanya.

Hal yang perlu diingat adalah ibu tunggal menciptakan generasi masa depan sendiri dan tanpa adanya pengakuan dari banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro