Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berapa Kali Vaksin Covid-19 Butuh Disuntikkan? Sekali dalam Setahun?

Salah satu vaksin yang kini menjanjikan yakni yang dikembangkan oleh Pfizer dan perusahaan Jerman BioNTech, hasilnya menunjukkan bahwa virus itu 90 persen efektif melawan COVID-19 yang mematikan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 14 November 2020  |  16:57 WIB
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer. - Antara/Reuters
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer. - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Vaksin virus corona telah lama dianggap sebagai satu-satunya jalan keluar dari pandemi saat ini, yang telah merenggut nyawa 1,29 juta orang di seluruh dunia tahun ini.

Salah satu vaksin yang kini menjanjikan yakni yang dikembangkan oleh Pfizer dan perusahaan Jerman BioNTech, hasilnya menunjukkan bahwa virus itu 90 persen efektif melawan COVID-19 yang mematikan.

Hasil pertama dari uji coba vaksin tahap akhir masih merupakan pendahuluan, tetapi itu tidak menghentikan negara-negara di seluruh dunia memesan jutaan dosis. Diharapkan vaksin tersebut akan diluncurkan akhir tahun ini.

Terlepas dari kabar baiknya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan masyarakat untuk tidak berhenti menggunakan metode pencegahan penyebaran saat ini seperti jarak sosial, masker wajah, dan cuci tangan secara teratur sambil menunggu vaksin dirilis.

Dalam soal dosis awal, pasien pertama-tama akan disuntik dengan satu dosis, yang akan membantu sistem kekebalan belajar memproduksi antibodi untuk melawan COVID. Dosis kedua akan diberikan 21 hari setelah yang pertama.

Setelah vaksinasi, jika orang tersebut bersentuhan dengan virus dalam kehidupan sehari-hari, antibodi dan sel-T kemudian dengan cepat dipicu untuk melawannya.

Namun, belum diketahui setelah suntikan pertama, apakah selanjutnya vaksin ini perlu dilakukan setiap tahun sebagai pencegahan. Suntikan flu biasanya diberikan setiap tahun, karena jenis penyakit yang berbeda sering muncul.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Vaksin Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top