Ilustrasi/Webmd
Health

Hari Anak Sedunia, Berikut 5 Cara Merealisasikan Mimpi dan Cita-cita Mereka

Krizia Putri Kinanti
Jumat, 20 November 2020 - 14:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Semua anak memiliki impian besar atau cita-cita yang diinginkannya ketika dewasa kelak.

Mimpi itu bisa terealisasi atau bahkan juga kandas di tengah jalan. Penyebabnya beragam. Mulai dari tekad kurang besar, hingga dukungan seperti ekonomi dan dukungan mental dari keluarga terutama orang tua.

Yah, orang tua memiliki peran besar dalam merealisasikan mimpi anak. Bukan hanya soal materi, namun juga dukungan mental dan support yang mendorongnya terus semangat menggapai mimpi itu. Berikut 6 cara untuk mengelola impian besar anak Anda seperti dilansir dari Times of India.

1. Jangan Hancurkan Mimpi

Secara psikologis, tidaklah bijaksana mengatakan pada siapapun termasuk anak Anda, bahwa mereka tidak cukup baik untuk mendapatkan atau meraih sesuatu.

Meskipun anak Anda mendapat nilai rata-rata C dalam Aljabar, dan mereka mengatakan bahwa mereka bermimpi merancang roket untuk luar angkasa, jangan pernah mengabaikan kemungkinan itu. Meskipun demikian, jika Anda mendengar seorang anak bernyanyi yang terdengar seperti dua kucing berperang dan dia ingin menjadi bintang pop internasional, Anda dapat mendaftarkannya untuk mengikuti pelajaran vokal.

2. Jangan Menjadi Hambatan

Peluang sudah bertumpuk melawan mereka, jadi jangan menjadi orang yang menghalangi mereka dari pencapaian. Tugas Anda adalah memberikan keterampilan, pendidikan, dan dorongan yang tepat. Tempatkan penekanan Anda pada pekerjaan sebagai orang tua dan tinggalkan impian mereka sendiri. 

3. Terbuka Tentang Impian Anda Sendiri

Orang tua yang sukses memberikan teladan yang benar. Dalam hal ini, terbuka tentang apa yang Anda impikan sebagai seorang anak, dan diskusikan mengapa hal itu tidak, atau mungkin, terjadi. Dialog ini bahkan mungkin menginspirasi mimpi itu untuk hidup kembali.

4. Beri dukungan

Selalu dukung usaha mereka dengan tindakan dan waktu Anda. Di lapangan sepak bola, lapangan bisbol, konser musim semi, taman skateboard, dan tempat-tempat pertunjukan di seluruh dunia, ada orang tua yang mendukung impian anak-anak mereka. Itu berarti bermain taksi dan membawa peralatan. Selalu ada saat Anda bisa.

5. Memberikan Pendidikan

Apa pun pilihan aktivitas mereka, berikan anak Anda setiap kesempatan dengan memberikan kesempatan pendidikan apa pun yang tersedia. Seorang guru piano berkualitas, klinik sepak bola yang diadakan pada hari Sabtu musim semi, atau perjalanan ke NASA dengan kelas sains adalah contoh bagaimana orang tua dapat memberikan pendidikan yang tepat untuk impiannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro