Ilustrasi jutawan
Relationship

Ingin Jadi Jutawan di Usia 30? Ikuti Tips dari Jutawan Muda Ini

Nirmala Aninda
Rabu, 25 November 2020 - 20:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Beberapa tahun yang lalu, Kyle Taylor seperti banyak orang berusia 20-an, dibebani dengan hutang dan membuat keputusan keuangan yang tidak cermat.

Untuk mendorong dirinya keluar dari kekacauan finansial, dia memulai sebuah blog tentang perjalanannya.

"Blog itu hanyalah cara saya berbagi apa yang saya lakukan untuk melunasi hutang pinjaman kuliah saya dan sebagai catatan pertanggungjawaban saya,” ujar Taylor, seperti dikutip melalui CNBC, Rabu (25/11).

Sekarang Taylor, 30, adalah jutawan mandiri (self-made millionaire), dan blognya, The Penny Hoarder, adalah perusahaan besar yang menawarkan tip finansial kepada ribuan pengguna. Di perusahaan ini, Taylor menjabat sebagai CEO.

“Enam tahun lalu uang saya tidak bersisa. Saya haru mencari uang receh di pinggir jalan untuk membeli ramen,” katanya.

Berikut adalah beberapa trik keuangan utama yang membantu Taylor berubah dari bangkrut menjadi jutawan:

1. Manfaatkan Cashback Ketika Berbelanja Online.

Untuk pembelian yang Anda lakukan setiap bulan, mulailah berbelanja online dengan menggunakan situs atau aplikasi reward, ungkap Taylor. Situs-situs ini memberikan uang kembali atas pembelian yang dilakukan melalui situs mereka.

Coba pikirkan tentang belanja Natal yang harus Anda lakukan atau semua hadiah ulang tahun yang akan Anda beli atau bahkan bahan makanan Anda.

"Jika Anda dapat mengalihkan bahkan setengahnya untuk dibeli dengan memanfaatkan cashback, bayangkan berapa ratus ribu yang dapat Anda hemat," ujar Taylor.

2. Jual Karya Foto Anda.

Jangan biarkan jepretan foto Anda yang luar biasa tersimpan di dalam kartu memori dengan sia-sia.

Sekarang ini ada banyak situs atau aplikasi yang dapat mengubah foto karya Anda menjadi sumber uang tambahan.

Unggah beberapa foto berkualitas tinggi Anda dan seseorang mungkin dapat membeli lisensi untuk foto itu.

"Anda dapat menerima US$5 setiap kali foto dijual," Taylor menjelaskan.

3. Jadi Auditor Perusahaan Minuman Beralkohol.

Di Amerika Serikat, jika Anda berusia antara 18 tahun - 30 tahun, Anda dapat bekerja sebagai auditor bir, seseorang yang melapor kepada perusahaan tentang apakah Anda dimintai identitas sebelum membeli alkohol atau tidak.

“Saya adalah seorang auditor bir. Saya dibayar untuk pergi ke toko bahan makanan atau pompa bensin dan melihat apakah mereka akan mengecek identitas saya. Saya akan mendapatkan penghasilan mulai dari US$20 hingga US$50 per lokasi yang saya datangi,” kata Talyor.

Itu adalah pekerjaan yang bisa dia lakukan di waktu luang, dengan sedikit usaha.

4. Pergi ke Bioskop dan Pantau Tayangan Iklan.

Di Indonesia, pekerjaan ini mungkin belum begitu umum atau tidak ada, namun Taylor dulu pernah bekerja sebagai penulis ulasan untuk setiap preview dan iklan yang tayang di bioskop.

“Pengiklan ingin mengetahui kondisinya di lapangan sehingga mereka dapat memastikan bahwa pratinjau mereka disaksikan oleh orang lain," katanya.

Anda juga dapat mendapatkan bayaran untuk mengulas film atau menghitung jumlah pelanggan yang memasuki teater pertunjukan, jelasnya di The Penny Hoarder.

“Ini pekerjaan yang menyenangkan,” katanya.

5. Tinjau pengalaman berbelanja atau bersantap Anda

Taylor dan keluarganya biasa melakukan banyak belanja misteri untuk mendapatkan layanan gratis dan uang tambahan.

Mystery shopper atau pembelanja misteri adalah seseorang yang berpura-pura menjadi pelanggan tetap, tetapi sebenarnya merupakan pekerja berbayar yang memberikan umpan balik kepada perusahaan tentang pengalaman berbelanja

"Kami semua akan pergi makan untuk makan malam," kata Taylor. “Ibuku akan mencatat pengalaman itu sehingga dia bisa menulis laporan dan nanti kami dibayar mulai dari US$10 hingga US$20. Ditambah kami mendapatkan makan gratis sebagai keluarga," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro