Robot dari Mesir yang dirancang untuk meminimalir paparan virus corona (Covid-19).
Health

RS di Mesir Uji Coba Robot yang Bisa Lakukan Tes Virus Corona

Syaiful Millah
Jumat, 27 November 2020 - 14:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung di berbagai negara. Para ilmuwan terus berupaya mengembangkan inovasi untuk memudahkan proses pengetesan yang amat diperlukan guna menghentikan penyebaran virus.

Dilansir dari New York Post, Jumat (27/11/2020), seorang ilmuwan Mesir menguji coba robot kendali jarak jauh di rumah sakit di Kairo, yang dapat menguji Covid-19, mengukur suhu pasien, dan memberi peringatan jika mereka tidak memakai masker.

Perancang robot Mahmoud el-Komy mengatakan bahwa robot yang disebut Cira-03 itu dapat membantu membatasi paparan infeksi dan mencegah penularan virus corona baru.

Kreasinya, yang memiliki wajah dan kepala mirip manusia serta lengan robotik, dapat melakukan tes darah, melakukan ekokardiogram, sinar X, serta menampilkan hasilnya kepada pasien di layar yang ditempelkan di bagian tubuhnya.

”Saya mencoba membuat robot itu tampak lebih manusia sehingga pasien tidak takut. Jadi mereka tidak merasa seperti ada kotak yang masuk ke dalamnya. Ada respons positif dari pasien ketika mereka melihat robot itu dan ada lebih banyak kepercayaan dalam hal ini,” katanya.

robot virus corona ciptaan Mahmoud el-Komy  Cira-03 membantu membatasi paparan infeksi dan mencegah penularan Covid
robot virus corona ciptaan Mahmoud el-Komy Cira-03 membantu membatasi paparan infeksi dan mencegah penularan Covid

Cira-03 menguji pasien untuk virus corona dengan menelungkupkan dagu mereka, dan kemudian mengulurkan tangan dengan kapas ke mulut. Robot ini masih akan dikembangkan agar lebih mampu diandalkan ke depannya.

Abu Bakr El-Mihi, kepala rumah sakit setempat mengatakan mereka menggunakan robot itu untuk mengukur suhu siapapun yang diduga mengidap Covid-19.

Sementara itu, data dari Worldometer menunjukkan bahwa Mesir hingga kini memiliki jumlah kasus Covid-19 mencapai 114.000 kasus positif. Angka kematian akibat penyakit ini sebesar 6.500 kasus dan pasien sembuh sebanyak 102.000 kasus.

robot untuk memeriksa virus corona
robot untuk memeriksa virus corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro