Pedagang menata barang dagangannya di Pasar Senen, Jakarta, Senin (4/5/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

6 Cara Mengatasi Kehilangan Bau dan Rasa Akibat Covid-19

Desyinta Nuraini
Sabtu, 26 Desember 2020 - 09:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kehilangan bau dan rasa menjadi salah satu gejala virus corona (Covid-19) yang butuh waktu lama untuk pulih. Gejala ini juga sulit diatasi dan dapat membuat stres pasien secara psikologis.

Secara alami, mendapatkan kembali indra penciuman dan rasa sangat penting, tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan. Meskipun tidak ada obat yang terbukti untuk mengatasi gejala ini, melansir Times of India, Sabtu (26/12/2020), berikut sejumlah benda yang didapat membantu Anda mendapatkan kembali indra perasa dan penciuman, serta pulih lebih cepat:

1. Biji Karom

Menggunakan ajwain, atau biji karom dianggap sebagai obat terpercaya untuk melawan pilek dan alergi. Biji-bijian yang telah lama digunakan dalam masakan tradisional India dan pengobatan Ayurveda ini dipercaya meningkatkan fungsi dan kemampuan indra penciuman.

Salah satu pengobatan rumahan menyarankan membungkus satu sendok penuh biji karom dengan kain atau serbet dan kemudian menghirup aromanya sambil menarik napas dalam-dalam. Ini bisa dicoba beberapa kali sehari.

2. Bawang Putih

Bawang putih muncul sebagai obat anti-virus dan peningkat kekebalan selama pandemi. Ayurveda menyarankan bahwa bawang putih yang pedas juga mengandung khasiat yang meredakan pembengkakan dan peradangan di sekitar saluran hidung, memudahkan pernapasan dan pada akhirnya membantu memulihkan indera penciuman dan rasa lebih cepat.

Meskipun bawang putih tidak dapat dihirup, Anda dapat menyesap ramuan panas dari siung bawang putih yang dihancurkan dan ditambahkan air. Jus lemon, yang merupakan obat anti-dingin juga dapat ditambahkan ke minuman untuk mendapatkan manfaat tambahan.

3. Bubuk cabai merah atau cabai rawit

Bumbu pedas seperti cabai rawit atau bubuk cabai dapat membantu mengembalikan indra penciuman Anda. Meskipun ini bukan pengobatan yang didukung sains, manfaatnya terletak pada kandungan kuat yang ada dalam rempah-capsaicin, yang dikatakan efektif membersihkan hidung yang tersumbat, mengaktifkan dan meningkatkan fungsi indra penciuman. Ini juga sangat membantu dalam menghilangkan flu.

Pastikan Anda mencampurnya dengan secangkir air atau tambahkan zat pemanis seperti madu sebelum digunakan.

4. Mencium minyak esensial

Pelatihan penciuman adalah cara yang ampuh untuk memperbaiki otak untuk mengendus dan mengembalikan indra penciuman dan pengecap Anda ke jalurnya. Banyak praktisi dan spesialis aromaterapi merekomendasikan pasien Covid-19 untuk mencoba pelatihan penciuman, yaitu mencium empat minyak esensial yang berbeda (minyak mawar, cengkih, lemon, dan kayu putih) selama masing-masing 20-40 detik, dua kali atau tiga kali sehari.

Aroma rutin, seperti produk sehari-hari berupa sampo, sabun, bumbu masakan, juga dapat diendus selama pemulihan. Meskipun tidak langsung bekerja, hal ini dapat membantu Anda mengembalikan sensasi kehilangan penciuman lebih awal.

5. Minyak jarak

Minyak jarak adalah bahan yang cukup ampuh. Penuh dengan sifat anti-oksidan, anti-inflamasi, telah digunakan oleh orang-orang yang sering menderita gejala nyeri sinusitis dan alergi untuk mengurangi pertumbuhan polip hidung. Ini juga cukup bermanfaat dalam meredakan gejala batuk, pilek, membangun kembali indra penciuman, sampai batas tertentu.

Tergantung pada preferensi Anda, Anda dapat menggunakan minyak jarak secara teratur selama periode pemulihan untuk melihat perbedaannya. Panaskan minyak jarak dan teteskan ke lubang hidung Anda, berlatih menarik napas dalam-dalam. Anda juga bisa menambahkan tetes minyak ke dalam uap Anda secara teratur.

6. Menghirup jeruk yang terbakar

Meskipun ini mungkin bukan pengobatan ilmiah, mengendus jeruk yang dibakar atau memakan daging dari jeruk yang hangus adalah trik yang membantu beberapa pengguna TikTok mendapatkan kembali indra penciuman dan rasa mereka. Video muncul setelah beberapa orang mengutip pengobatan Jamaika, yang melibatkan pembakaran jeruk di atas api terbuka dan kemudian memakan daging buahnya, yang dapat menyegarkan indra Anda untuk mengendus sesuatu yang kuat dan akhirnya, mendapatkannya kembali.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro