Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin - Youtube Sekretariat Presiden
Health

Berapa Kebutuhan Vaksin Covid-19 di Indonesia jika Ingin Herd Immunity?

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 29 Desember 2020 - 21:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan jumlah kebutuhan vaksin covid-19 di Indonesia jika ingin menerapkan herd immunity.

Dalam konferensi pers virtualnya, dia mengatakan dari total 269 juta penduduk di Indonesia, jika mengejar herd immunity usia di atas 18 tahun maka ada 188 juta orang yang harus divaksinasi covid-19.

Angka tersebut, jika disaring berdasarkan golongan orang yang tidak masuk program vaksin seperti mereka yang yang memiliki komorbid, dan mereka yang pernah kena covid-19 positif serta ibu-ibu hamil, maka jumlah yang masuk ekslusi 181 juta orang.

Mempertimbangkan hal itu, katanya, dengan perhitungan 1 orang membutuhkan 2 dosis vaksin, dan guideline dari organisasi kesehatan dunia (WHO) dimana harus ada 15 persen cadangan, maka total vaksin covid-19 yang dibutuhkan di Indonesia sebanyak 426 juta dosis.

"Total yang dibutuhkan ada 426 juta vaksin, karena itu kita menyiapkan 5 jalur masuk vaksin ke tanah air," ujarnya dalam konferensi pers tersebut.

Dia mengatakan angka itu adalah jumlah yang sangat besar dan untuk itu pemerintah sudah berusaha keras untuk memastikan bahwa kita bisa mengamankan jumlah ketersediaannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro