Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Dia Daftar Tanaman Termahal di Dunia untuk Dikoleksi Tahun 2021

Pasalnya, sejak kebijakan work from home, membuat orang beralih menjadi penghobi tanaman. Merekapun rela berburu jenis tanaman yang unik bahkan dengan harga yang fantastis. 
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 06 Januari 2021  |  17:05 WIB
Anggrek Kinabalu Emas
Anggrek Kinabalu Emas

Bisnis.com, JAKARTA - Harga tanaman yang selangit, tampaknya sudah tidak asing lagi semenjak pandemi terjadi.

Pasalnya, sejak kebijakan work from home, membuat orang beralih menjadi penghobi tanaman. Merekapun rela berburu jenis tanaman yang unik bahkan dengan harga yang fantastis. 

Ketika sesuatu menjadi trend, memang harga yang ditawarkan cenderung mahal, termasuk juga untuk tanaman.

Nah, jika Anda tertarik ikutan memulai hobi mengoleksi tanaman di tahun baru ini, dan rela mengeluarkan kocek dalam demi memenuhi passion, berikut 11 tanaman termahal di dunia yang bisa Anda koleksi seperti dilansir dari gardeningelsa.com.

1. Monstresa Delicosa

Tanaman paling populer tahun 2020 menjadi terkenal setelah viral di Instagram dan ditampilkan oleh banyak influencer terkenal yang berbeda. Ini unik dan memiliki daun besar dan mengkilap yang membuatnya hidup dan mencolok. Meskipun tanaman ini hadir dalam berbagai bentuk, yang paling populer adalah yang bercak putih, yang harganya US$750.

Monstresa Delicosa normal berharga $20, jadi Anda bisa membandingkan dan melihat seberapa banyak permintaan variasi ini. Tanaman ini juga mahal karena memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat. Daunnya yang lebat dan dramatis membuatnya begitu populer. Ini adalah salah satu tanaman termahal di dunia.

2. Monstera Oblique

Obliqua dalam bahasa Latin berarti “miring”. Tanaman ini berukuran kecil dengan tinggi maksimum sekitar 6 inci. Yang menarik adalah mengapa harganya sangat mahal (sekitar US$3.000) jika tidak memiliki warna yang bagus, bunga yang mekar indah, atau dedaunan yang bagus dan besar. Sebaliknya, yang ini tentang apa yang tidak dimilikinya. Daunnya berbentuk seperti renda dan berlubang-lubang sehingga indah dan menarik, apalagi salah satunya.

Seperti delicosa, harga tanaman ini juga mengalami lonjakan besar dalam dekade terakhir, terutama karena permintaan dan popularitasnya yang meningkat. Sementara sebuah barang dulunya hanya dijual US$8 satu dekade yang lalu, sekarang bisa terjual lebih dari seribu dolar. Baru-baru ini, bahkan dijual seharga US$3.700 di eBay! Itu sebabnya Monstera Oblique adalah tanaman termahal di dunia.

3. Alocasia Azlanii

Juga dikenal sebagai mambo merah, yang satu ini benar-benar unik. Azlanii adalah tanaman Malaysia yang sangat unik dan langka, karena hampir tidak dijual oleh pembibitan atau tersedia secara online. Saat Anda melihat tanaman ini, Anda langsung jatuh cinta dan mengerti mengapa harganya sangat mahal.

Daunnya kaya dan hijau tua dan berbatasan dengan hijau cerah. Sebagai tambahan, uratnya yang berkilauan hadir dalam nuansa pink, merah, dan ungu yang paling indah. Ini benar-benar sebuah karya seni. Meskipun ukurannya agak kecil dan hanya bisa muat ke dalam wadah 3,5 inci, harganya sekitar US$550.

Alocasia Azlanii adalah tanaman lain dalam daftar tanaman termahal.

4. Anggrek Nongke Shenzhen

Bunga buatan manusia ini sangat menakjubkan untuk dilihat. Harganya bisa dibenarkan, mengingat semua upaya di balik penciptaannya; ilmuwan membutuhkan total 8 tahun untuk membuat bunga ini dan membuatnya mekar. Ini bisa memakan waktu antara 4-5 tahun untuk mekar, tetapi patut ditunggu karena memiliki aroma dan penampilan yang paling indah. Selain itu, semuanya bahkan dapat dimakan dan memiliki rasa khusus yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

Seseorang yang membeli anggrek di pelelangan membayar sejumlah uS$200.000. Setelah pembelian itu, Anggrek Nongke Shenzhen mendapat predikat sebagai anggrek termahal yang pernah dijual.

5. Philodendron Minima yang beraneka ragam

Pabrik ini dijual seharga US$8.150 di situs web perdagangan terbesar di Selandia Baru, Trade Me, memecahkan rekor sebagai pabrik termahal yang terjual di situs tersebut. Anda pasti bertanya-tanya tentang apa semua hype itu karena Philodendron minima normal dijual sekitar US$20 hingga US$50, dan perbedaan harganya tidak bisa dimengerti!

Daunnya sangat sempurna karena berwarna hijau muda dengan kilap. Muncul dalam variasi berbeda dengan bintik, balok, dan coretan. Yang satu dijual seharga US$8.150 yang satu memiliki setengah variegation pada daunnya, dengan kuning di satu sisi dan hijau muda di sisi lain. Secara total, tanaman itu hanya memiliki 4 daun.

Philodendron Minima beraneka ragam adalah tanaman termahal lainnya.

6. Juliet Rose

Ini tidak diragukan lagi adalah mawar paling menakjubkan yang pernah Anda lihat, tetapi dapatkah Anda menebak berapa harganya? US$15,8 juta. Nah, biaya pembuatannya adalah US$5 juta, jadi Anda hanya bisa membayangkannya.

Ini adalah bunga termahal di dunia, dan butuh waktu 15 tahun untuk membuat mawar hibrida ini. Tampak tidak nyata ketika Anda melihat bunga ini seolah-olah seperti dongeng. Dari bentuk kelopaknya hingga pola yang mereka bentuk dan warna merah jambu yang lembut, setiap detail kecil terlihat sangat halus.

Juliet Rose diciptakan oleh David Austin dan tampil pertama kali pada tahun 2006 di Chelsea Flower Show, setelah itu mendapat semua hype. Mekar juga unik; kuncup berwarna pucat muncul menjadi bunga penuh dengan nada merah jambu, semakin gelap ke arah tengah bunga.

7. Putri Merah Muda Philodendron Setengah Bulan

Bunga merah muda lainnya, ini juga menjadi populer setelah ditampilkan di blog dan vlog tanaman pada tahun 2019. Bahkan dinobatkan sebagai "tanaman yang harus dimiliki" tahun 2019 oleh Pekan Hortikultura. Sejak itu, permintaannya terus meningkat. Saat ini, biayanya US$1.299.

8. Anggrek Kinabalu Emas

Anggrek lain yang ikut klub mahal, yang satu ini juga langka karena hanya tumbuh di satu tempat di dunia, yaitu Taman Nasional Kinabalu di Malaysia. Bunga mewah ini adalah spesies halus yang hanya tumbuh selama sebulan sepanjang tahun (antara April-Mei). Selain itu, perlu waktu bertahun-tahun untuk mekar. Namun, jika demikian, jangan sampai terlewatkan.

Ini berbeda dari anggrek lain karena kelopak hijaunya memiliki bintik-bintik merah atau bintik-bintik di atasnya, membentuk pola unik yang memungkinkannya dijual seharga US$5.000 per bunga.

9. Bunga Kadupul

Bunga kadupul yang diterjemahkan menjadi 'bunga dari surga' adalah kelopak bunga serba putih yang sangat halus. Tidak mengherankan jika bunga ini dianggap sebagai bunga terindah di dunia dan bersaing ketat dengan Juliet Rose.

Kadupul adalah bunga yang langka karena hanya tumbuh di Sri Lanka dan hanya mekar sekali sepanjang tahun. Menambah efek dramatis, bunga ini mekar di tengah malam! Pemandangannya sangat indah sehingga orang di seluruh dunia melakukan perjalanan ke Sri Lanka hanya untuk melihat mekarnya yang ajaib, yang terjadi tepat sebelum fajar.

Tidak seperti bunga lainnya, bunga ini sangat berharga sehingga Anda bahkan tidak bisa membelinya. 

10. Saffron Crocus

Menanam kunyit di rumah Anda bukanlah lelucon. Sejauh ini, rempah-rempah ini paling mahal di dunia, tepatnya US$1.500 per pon. Untuk membuat bunga ungu yang indah ini terlihat, Anda membutuhkan banyak pound, yang merupakan kemewahan yang hanya dimiliki oleh sedikit orang.

11. Bohlam Tulip

Selama abad ke-17, bunga ini sangat populer di kalangan Belanda yang dijual dengan harga yang menggelikan. Harga bunganya US$5.700, yang cukup untuk membeli rumah di kanal paling mewah di Amsterdam saat itu. Ini unik untuk sisa pewarna bunga karena warnanya yang dalam dan bentuknya yang luar biasa, dan inilah mengapa Belanda menjadi gila pada satu titik. Yang paling populer adalah Sempre Augustus, dengan nyala api yang menyambar kelopak bunga putih. Bohlam tulip masih mempertahankan status megahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hobi tanaman hias
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top