Disiplin menabung sejak dini, akan menghindari Anda dari sikap boros dan ria./ilustrasi
Relationship

Yuk Disiplin, Ini 6 Manfaat Menabung

Novita Sari Simamora
Jumat, 8 Januari 2021 - 14:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk memiliki kebebasan finansial pada usia muda, maka Anda harus disiplin dalam mengatur kondisi keuangan.

Menabung menjadi suatu cara terbaik untuk membuat kondisi finansial lebih baik di masa depan. Namun, banyak yang belum mengetahui betapa pentingnya menabung, terutama untuk kalangan anak muda.

Mengutip dari Laku Emas, Jumat (8/1/2021), jika setiap orang menabung sedini mungkin maka akan banyak sekali keuntungannya terutama untuk kehidupan finansial masa depanmu nanti. Berikut 6 manfaat menabung sejak muda:

1. Memiliki Pemasukan Lebih

Penting untuk memiliki tabungan sejak dini karena ini bisa menjadi pemasukan lebih untuk kamu. Tentunya ini kesempatan yang baik untuk menambahkan uang yang kamu miliki, sehingga akan semakin banyak keuntungan yang kamu dapatkan kedepannya karena waktu menabung lebih panjang.

2. Terhindar Dari Boros

Biasanya di usia muda jika mendapatkan uang pasti langsung ingin membelanjakannya untuk banyak hal, tetapi dengan mulai menabung, kamu bisa arahkan keuangan kamu ke arah yang lebih pasti. Setelah kamu memiliki uang atau mendapatkan gaji bulanan kamu bisa mengarahkan uang kamu untuk ditabung. Daripada menghamburkan uang untuk membeli barang mewah, lebih baik untuk tabungan masa depan, bukan?

3. Memiliki Dana Darurat

Jika kamu memiliki tabungan, kamu memiliki dana yang bisa kamu gunakan apabila ada keadaan darurat yang mengharuskan kamu memiliki dana lebih. Tabungan ini juga akan menjadi ‘penyelamat’ untuk kamu dikala ada kebutuhan yang mendesak atau darurat di masa depan.

4. Mandiri Dalam Finansial

Setelah menabung kamu akan mengerti dan paham untuk mengatur keuangan sendiri. Inilah yang akan membantu kamu lebih mandiri dalam finansial dan tidak bergantung lagi oleh orang lain. Bukan tidak mungkin kamu bisa membantu mereka lewat tabungan yang sudah kamu lakukan.

5. Membantu Mengatur Skala Prioritas

Jika kamu mulai menabung sejak dini kamu juga bisa mengatur skala prioritas kamu, seperti berapa persen yang bisa kamu sisihkan untuk tabungan atau berapa persen yang kamu harus sisihkan untuk pengeluaran. Dengan menabung, kamu biasa untuk mendahulukan mana kebutuhan yang memang lebih penting untuk kamu.

6. Mempersiapkan Masa Depan Yang Lebih Baik

Dari beberapa poin yang sudah disebutkan diatas, poin ini merupakan yang terbaik yaitu persiapan untuk masa depan yang lebih baik. Dengan memiliki tabungan, uangmu diputar dan kamu bisa memiliki keuntungan dari sana. Kamu bisa mencoba menabung dengan risiko yang rendah seperti menabung emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro