Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspada, Gejala Aneh Virus Corona di Dalam Mulut

Tim Spector, seorang profesor yang menjalankan aplikasi ZOE Covid Symptom Study mengatakan bahwa salah satu tanda peringatan Covid-19 yang kurang umum mungkin berkembang di dalam mulut.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 15 Januari 2021  |  11:59 WIB
Sel virus corona
Sel virus corona

Bisnis.com, JAKARTA – Gejala Covid-19 biasanya berupa demam tinggi, batuk baru, dan kehilangan indera perasa atau penciuman. Akan tetapi, ilmuwan saat ini memperingatkan tentang tanda infeksi aneh di dalam mulut.

Dilansir dari Express UK, Jumat (15/1) Tim Spector, seorang profesor yang menjalankan aplikasi ZOE Covid Symptom Study mengatakan bahwa salah satu tanda peringatan Covid-19 yang kurang umum mungkin berkembang di dalam mulut.

Dia melanjutkan sekitar 20 persen dari semua pasien menunjukkan tanda-tanda yang tidak ada dalam daftar resmi gejala virus corona dari pemerintah. Menurutnya, ruam kulit baru atau sariawan bisa disebabkan oleh Covid-19 dan dia memperingatkan pasien mungkin mengembangkan covid tongue.

“Satu dari lima orang dengan Covid-19 masih hadir dengan gejala yang kurang umum, yang tidak masuk daftar resmi. Melihat peningkatan jumlah kasusnya dan sariawan yang aneh di mulut. Jika Anda mengalami gejala aneh atau sakit kepala dan kelelahan, tetapi lagi di rumah,” katanya lewat akun Twitter.

Dalam tweet-nya, Spector menyertakan gambar pasien dengan covid tongue, yang menunjukkan bercak putih di seluruh lidah. Beberapa orang mengibaratkan kemunculan covid tongue dengan kondisi lain yang dikenal dengan geographic tongue.

Geographic tongue adalah kondisi peradangan yang memengaruhi permukaan lidah. Ini menyebabkan banyak bercak berkembang di seluruh lidah yang jika dilihat lagi akan tampak mirip seperti sebuah peta.

Meskipun kondisinya mungkin terlihat mengkhawatirkan, dia mengatakan bahwa itu sama sekali tidak berbahaya dan biasanya sembuh sendiri dalam beberapa hari atau minggu. Tetapi jika Anda mengembangkan covid tongue bersama dengan tiga gejala utama corona, disarankan segera menjalankan tes.

Tiga gejala utama virus corona baru yang harus diwaspadai adalah demam tinggi, batuk terus menerus, atau hilangnya indera perasa dan/atau penciuman. Kebanyakan orang terinfeksi virus corona mengembangkan setidaknya satu dari tanda peringatan ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top