Sel virus corona
Health

Waspada, Gejala Aneh Virus Corona di Dalam Mulut

Syaiful Millah
Jumat, 15 Januari 2021 - 11:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gejala Covid-19 biasanya berupa demam tinggi, batuk baru, dan kehilangan indera perasa atau penciuman. Akan tetapi, ilmuwan saat ini memperingatkan tentang tanda infeksi aneh di dalam mulut.

Dilansir dari Express UK, Jumat (15/1) Tim Spector, seorang profesor yang menjalankan aplikasi ZOE Covid Symptom Study mengatakan bahwa salah satu tanda peringatan Covid-19 yang kurang umum mungkin berkembang di dalam mulut.

Dia melanjutkan sekitar 20 persen dari semua pasien menunjukkan tanda-tanda yang tidak ada dalam daftar resmi gejala virus corona dari pemerintah. Menurutnya, ruam kulit baru atau sariawan bisa disebabkan oleh Covid-19 dan dia memperingatkan pasien mungkin mengembangkan covid tongue.

“Satu dari lima orang dengan Covid-19 masih hadir dengan gejala yang kurang umum, yang tidak masuk daftar resmi. Melihat peningkatan jumlah kasusnya dan sariawan yang aneh di mulut. Jika Anda mengalami gejala aneh atau sakit kepala dan kelelahan, tetapi lagi di rumah,” katanya lewat akun Twitter.

Dalam tweet-nya, Spector menyertakan gambar pasien dengan covid tongue, yang menunjukkan bercak putih di seluruh lidah. Beberapa orang mengibaratkan kemunculan covid tongue dengan kondisi lain yang dikenal dengan geographic tongue.

Geographic tongue adalah kondisi peradangan yang memengaruhi permukaan lidah. Ini menyebabkan banyak bercak berkembang di seluruh lidah yang jika dilihat lagi akan tampak mirip seperti sebuah peta.

Meskipun kondisinya mungkin terlihat mengkhawatirkan, dia mengatakan bahwa itu sama sekali tidak berbahaya dan biasanya sembuh sendiri dalam beberapa hari atau minggu. Tetapi jika Anda mengembangkan covid tongue bersama dengan tiga gejala utama corona, disarankan segera menjalankan tes.

Tiga gejala utama virus corona baru yang harus diwaspadai adalah demam tinggi, batuk terus menerus, atau hilangnya indera perasa dan/atau penciuman. Kebanyakan orang terinfeksi virus corona mengembangkan setidaknya satu dari tanda peringatan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro