Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MNC Pictures Milik MSIN Kuasai 40 Persen Pangsa Pasar

Wakil Direktur Utama MNC Pictures yang juga Direktur MSIN Titan Hermawan mengatakan pangsa pasar nasional MNC Pictures lebih dari 40% untuk sinetron di televisi nasional free-to-air/FTA).
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Januari 2021  |  16:58 WIB
RCTI
RCTI

Bisnis.com, JAKARTA - Rumah produksi MNC Pictures unit usaha dari PT MNC Studios International Tbk (MSIN)-- yang menggarap sinetron Ikatan Cinta dengan rating dan audience share tertinggi dalam sejarah pertelevisian memiliki rekam jejak jempolan.

Wakil Direktur Utama MNC Pictures yang juga Direktur MSIN Titan Hermawan mengatakan pangsa pasar nasional MNC Pictures lebih dari 40% untuk sinetron di televisi nasional free-to-air/FTA).

"MNC Pictures sebagai PH terbesar di Indonesia dengan performa rating dan pangsa pemirsa televisi dan digital tertinggi terus berkomitmen memberikan produksi tayangan terbaik," kata Titan, Senin (18/1/2021).

Sejak berdiri pada tahun 2005, MNC Pictures telah memproduksi beragam program dengan konten yang berkualitas dalam bentuk drama yang meliputi film, film televisi, dan serial televisi/sinetron.

Selain "Ikatan Cinta," MNC Pictures juga membesut sinetron "Amanah Wali 4" dan "Putri untuk Pangeran" yang masuk 3 besar dalam jajaran rating terbaik seluruh tayangan televisi di Tanah Air. Ada pula, "Kembalinya Raden Kian Santang" dan "Perempuan Pilihan" yang meraih perhatian dan hati publik di Tanah Air.

Sebelum Ikatan Cinta yang fenomenal itu, MNC Pictures juga menduduki sebagai rumah produksi yang menghasilkan sinetron dengan rating tertinggi di seluruh televisi nasional melalui garapannya, yaitu "Dunia Terbalik" dan "Tukang Ojek Pengkolan."

"Selain rating tertinggi, "Tukang Ojek Pengkolan" dan Dunia Terbalik" juga menjadi sinetron dengan jumlah episode terbanyak sepanjang masa di Indonesia, dimana saat ini sudah mencapai 2.637 episode untuk "Tukang Ojek Pengkolan" dan 2.337 episode untuk "Dunia Terbalik" serta masih tetap setia menemani seluruh pemirsa di Indonesia," tutur
Titan.

Adapun, induk dari MNC Pictures, yaitu MNC Studios International (MSIN), merupakan penyedia konten media terbesar di Indonesia yang memiliki bisnis utama dalam memproduksi dan mendistribusikan konten-konten siaran terbaik dan berkualitas tinggi melalui semua platform media yang ada saat ini, baik melalui sistem analog hingga digital, yaitu terrestrial TV (Free to Air), Pay Per View (Pay TV), Catch Up TV, Over The Top (OTT), Video on Demand (VOD), Bioskop, dan semua fitur yang ada di dalam Internet Protocol Television (IPTV).

Direktur Utama MNC Studios International Ella Kartika memaparkan bisnis utama MSIN tersebut didukung oleh unit bisnis di bawahnya yang bergerak di bidang produksi _drama series_ atau sinetron, FTV, dan film seperti "Toko Barang Mantan", "Chrisye", "Mars Met Venus", "Koki-Koki Cilik", "Preman Pensiun", "Rompis" dan "Titus: Mystery of the Enygma".

Selain itu, MSIN memproduksi animasi yang sudah tayang di berbagai belahan dunia, _infotainment, reality show, game show,_ jasa periklanan, dan _talent management._

"Kami bersyukur kinerja unit-unit di bawah MSIN sangat baik. MNC Pictures menjadi PH drama terbesar, SMN menjadi _talent management_ terbesar dan StarHits memiliki _subscribers_ dan _followers_ di media sosial, baik itu YouTube, FaceBook, TikTok, yang terbesar di Indonesia," kata Ella.

Prestasi dari produksi tayangan MSIN melalui MNC Pictures tersebut tak pelak mengantarkan 4 FTA milik MNC Group menjadi jawara performa _primetime._

Performa 4 stasiun televisi MNCN meroket hingga menembus pangsa pemirsa audience share 56,5%, atau tertinggi dalam sejarah industri pertelevisian.

Kinerja yang terus-menerus memecahkan rekor dan meroket tersebut kian menegaskan tayangan 4 televisi milik MNCN, yaitu RCTI, MNCTV, GTV dan iNews kian merebut hati publik.

Pada Malam Tahun Baru 31 Desember 2020, audience share pada primetime (18.00-22.30) dikuasai 4 TV MNCN, yaitu RCTI menembus 39,2%, MNCTV 10,7%, GTV 5,3% dan iNews 1,3% di _Upper Middle._

Raihan RCTI 39,2% tersebut melewati audience share Indosiar di posisi kedua, yaitu 11 dan SCTV di posisi keempat, yaitu 10,6%.

Adapun, performa 4 TV MNCN ditopang program televisi nomor 1 di Indonesia yaitu Sinetron _Ikatan Cinta,_ yang terus mencetak prestasi yang mengagumkan. Pemainnya makin dikenal dan dicintai pemirsa dan ceritanya makin bikin penasaran, tak heran Sinetron _Ikatan Cinta_ rating dan pangsa pemirsanya terus melesat.

Khusus di Malam Tahun Baru 31 Desember 2020 tersebut, sinetron _Ikatan Cinta_ tayang maraton selama 3,5 jam menemani malam Tahun Baru pemirsa di rumah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

televisi penonton
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top