Sel virus corona
Health

Apa Itu Terapi Plasma Darah Konvalesen, Manfaat dan Syaratnya

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 26 Januari 2021 - 12:45
Bagikan

Syarat Donor

Berdasarkan laporan-laporan ilmiah, dengan jarak minimal 14 hari setelah sembuh itu, kadar antibodi paska sakit covid mulai mencapai titik optimal. Kita tahu IgM dan IgA memuncak pada hari ke 28 sejak timbul gejala. Kemudian mulai menurun. Sedangkan IgG memuncak pada hari ke 49 kemudian bertahan lama, minimal 3 bulan.

Maka diberi jarak antara sudah benar-benar sembuh dengan mulai boleh menjadi calon donor TPK. Antibodi-antibodi tersebut membentuk Daya Netralisasi terhadap virus SARS CoV 2.

Selama pemeriksaan masih menunjukkan titer antibodi yang tinggi dan daya netralisasi yang kuat, maka seseorang masih boleh menjadi calon donor.

Harus selalu diingat bahwa jarak antar donasi minimal 14 hari, selama kondisi calon donor dinyatakan sehat. Sekali diambil maksimal 13% volume darah total donor (kalau kondisi bagus, bisa diambil 450 ml yang kemudian dipilah menjadi 2 untuk masing-masing 200 ml pada tiap pasien). Dalam satu tahun, maksimal satu orang diambil 25 L plasma untuk donor.

Cara aferesis dalam penatalaksanaan donor plasma konvalesen paling dianjurkan karena lebih aman, cukup diambil plasma saja, risiko infeksi lebih kecil, dan cukup dari orang.

Kalau cara biasa, diambil darah penuh, baru dipisahkan plasmanya. Untuk memenuhi kebutuhan pasien sekali pemberian, dibutuhkan lebih dari 1 orang donor. Risiko lebih tinggi.
Bila cara biasa, berarti jarak antar donasi mengikuti alur jarak donor biasa yaitu minimal 3 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro