Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akun Gmail Anda Penuh? Ini Cara Mengatasinya

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk membersihkan surat elektronik di Gmail agar tidak penuh.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  17:38 WIB
Surat elektronik yang terlalu penuh di Gmail bisa diatasi dengan cara cepat. - ilustrasi
Surat elektronik yang terlalu penuh di Gmail bisa diatasi dengan cara cepat. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi orang-orang yang berkantong cekak, seperti contoh pelajar, menggunakan layanan surel (e-mail) berbayar demi mendapatkan kapasitas penyimpanan tambahan tentunya bukanlah pilihan bijak.

Surel yang menumpuk tentunya akan sangat menganggu karena membuat surel baru yang masuk tidak terlihat atau tidak bisa masuk ke alamat tujuan.

Dahulu, membuat alamat email penuh butuh waktu lama lantaran ukuran file tak sebesar seperti saat ini. Kapasitas penyimpanan email yang tak lebih dari 15GB untuk layanan Google Mail atau Gmail contohnya, saat ini hanya membutuhkan waktu kurang dari setahun untuk penuh.

Keberadaan gambar dan lampiran berjenis PDF yang banyak digunakan dalam email penawaran menjadi salah satu penyebab mengapa kapasitas 15GB masih saja kurang.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar kapasitas email yang penuh tidak menghambat pekerjaan? Melansir AARP pada Senin (26/1/2021), ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk 'membersihkan' alamat surel.

Berikut adalah langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengembalikan alamat surel yang penuh atau hampir penuh agar bisa digunakan sebagaimana mestinya;

1. Cari tahu berapa banyak yang Anda gunakan. Masuk ke akun Google Anda, lalu kunjungi situs Google One. Di bawah judul Penyimpanan, Anda akan melihat berapa banyak yang telah Anda simpan sekarang.

2. Tangani item terbesar terlebih dahulu. Google menyarankan untuk mengetik "memiliki: lampiran lebih besar: 10M" ke dalam bilah pencarian untuk menemukan email dengan lampiran terbesar. Email dengan video, PDF, dan foto besar akan muncul. Unduh semua lampiran yang ingin Anda simpan ke dalam hard drive komputer Anda. Kemudian pilih dan hapus email tersebut.

Jika Anda memiliki ribuan email, Anda harus melakukannya beberapa kali. Di komputer pribadi, Anda juga harus pergi ke sisi kiri halaman, klik Menu | Sampah | Kosongkan Sampah Sekarang.

3. Cari berdasarkan pengirim atau lebih dari dua lusin spesifik lainnya dengan tip dari halaman dukungan Gmail Google. Jangan lupa untuk mengklik Pilih Semua di folder spam, promosi, dan tab sosial untuk menghapusnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk membersihkan alamat surel yang penuh. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Mailstrom.

Aplikasi Mailstrom dimulai dengan uji coba gratis selama dua minggu, tidak memerlukan kartu kredit, untuk menghapus hingga 2.500 surel di alamat surel Anda. Setelah itu, US$ 14 sebulan untuk terus menghapus. Dengan kata lain, Mailstrom melakukan penghapusan sehingga Anda tidak perlu melakukannya.

Aplikasi ini menemukan email yang paling sering muncul - peringatan Google, penawaran dari toko lokal dan sejenisnya. Setelah dibulatkan, Anda dapat menyetujui penghapusan massal mereka.

Atau Anda dapat mencobanya dengan cara gratis, mencari email yang paling sering Anda kirim seperti peringatan Google dan toko yang mengirimkan Anda promosi terbaru mereka. Setelah ditampilkan, klik pilih semua dan hapus semuanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

email gmail
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top