Ilustrasi/Hrinasia
Relationship

Ini Tips dan Trik Meraih Pekerjaan di Tengah Pandemi

Yudi Supriyanto
Jumat, 5 Februari 2021 - 17:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Pandemi telah memukul banyak sektor usaha di dalam negeri. Beberapa bahkan harus merumahkan karyawan yang dimilikinya.

Kondisi ini tentu membuat mencari pekerjaan menjadi tantangan tersendiri, khusunya untuk para lulusan baru yang sedang mencari pekerjaan.

Dalam siaran pers Ruangguru pada Jumat (5/2/2021), berikut tips dan trik untuk mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi.

1. Upgrade kemampuanmu

Meskipun belum mendapat pekerjaan, jangan cepat puas dengan modal ijazah saja, tetapi justru sekarang adalah saat yang baik untuk meng-upgrade kemampuan.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan selagi menunggu panggilan pekerjaan, misalnya mengikuti pelatihan yang tidak Anda dapatkan pada saat di bangku kuliah.

Mengikuti pelatihan membantu untuk mengasah kemampuan dan menambah keterampilan di bidang yang Anda inginkan.

Misalnya, jika ingin bekerja di bidang digital marketing, maka Anda bisa mengikuti pelatihan di platform online yang menyediakan kursus skill tertentu.

Ikutilah pelatihan yang dapat memberikan kamu ilmu dan keterampilan baru. Dengan begitu, Anda akan makin menonjol ketika melamar pekerjaan yang diinginkan

2. Membangun relasi

Meskipun di rumah saja, Anda jangan hanya menutup diri. Membangun relasi ternyata sangat berguna. Anda bisa mendapatkan info-info terbaru atau rekomendasi pekerjaan dari relasi.

Bina hubungan baik dengan para alumni, dosen, kenalan, dan saudara yang dapat membantu mendapatkan pekerjaan.

Anda juga bisa memperkaya relasimu melalui platform yang ada. Anda akan menemukan banyak informasi lowongan kerja melalui profil HRD perusahaan. Perbanyaklah koneksi dengan para HRD, siapa tau ada HRD yang tertarik untuk merekrut Anda.

3. Perbaiki CV

CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen penting yang menggambarkan diri. CV merupakan hal pertama yang akan perusahaan lihat dari diri seorang pelamar saat melamar sebuah pekerjaan.

Perusahaan akan melihat dan mendapat kesan pertama melalui CV yang Anda lampirkan. Jadi, CV menjadi sangat krusial karena itu adalah dokumen yang menggambarkan diri.

Periksa kembali CV, apakah sudah efektif mengkomunikasikan diri atau belum. Buatlah CV dengan visual yang menarik dan tampilkan informasi agar mudah dicerna bagi pembaca.

Lampirkan hal-hal penting yang dapat menjual diri kamu seperti skill, pengalaman berorganisasi, dan pengalaman bekerja.

Jika memiliki sertifikat yang dapat menunjang diri kamu di bidang pekerjaan yang kamu lamar, maka Anda dapat memasukkannya sebagai nilai plus.

4. Up to date dengan berbagai informasi lowongan kerja

Selain hal di atas, hal ini juga tidak kalah penting. Pastikan Anda selalu mendapatkan informasi terbaru dan terpercaya seputar info lowongan pekerjaan. Anda bisa cek di berbagai platform lowongan pekerjaan atau situs web perusahaan.

Saat ini, banyak sekali lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui sosial media. Anda bisa cek sosial media perusahaan yang kamu tuju atau sosial media info loker (lowongan kerja).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro