Kemasan vaksin Covid-19 diperlihatkan di Command Center serta Sistem Manajemen Distribusi Vaksin (SMDV), Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/1/2021). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Health

Mulai Besok, 8 Februari Lansia Disuntik Vaksin Coronavac

Aziz Rahardyan
Minggu, 7 Februari 2021 - 18:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan akan memulai vaksinasi untuk lansia pada Senin (8/2/2021).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap bahwa vaksinasi untuk orang tua ini merupakan lanjutan tahap vaksinasi yang berjalan, yaitu untuk tenaga kesehatan.

"Mulai besok hari Senin jam 9 bisa kita mulai untuk masyarakat usia di atas 60 tahun. Prioritas pertama, tenaga kesehatan dengan usia di atas 60 tahun," ujar Budi dalam diskusi virtual, Minggu (7/2/2021).

Orang tua diutamakan karena risiko kematian yang tinggi apabila terinfeksi Covid-19. Seluruh negara di dunia pun memprioritaskan orang tua sebagai sasaran vaksinasi, baik setelah nakes, maupun secara bersamaan.

Namun demikian, Budi menceritakan bahwa untuk Indonesia, sebelumnya para lansia belum bisa menerima vaksin karena terganjal ketentuan umur.

Terkini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetujui vaksin corona Coronavac besutan Sinovac Life Sciences Co Ltd. untuk diberikan kepada lansia usia di atas 60 tahun berdasarkan pemantauan uji klinis di beberapa negara.

"Tenaga kesehatan yang di atas 60 tahun jumlahnya ada 11.600-an. Mereka belum bisa disuntik karena emergency used of authorization yang pertama kali itu range usianya 18-59 tahun," tambahnya.

Sekadar informasi, dari 269 juta penduduk Indonesia, target vaksinasi yakni 181,5 juta warga. Berasal dari jumlah 188 juta warga berusia di atas 18 tahun, dikurangi komorbid, penyitas covid, dan hamil.

Pemerintah berupaya mempersiapkan 363 juta dosis vaksin karena masing-masing target membutuhkan dua dosis, ditambah cadangan 15 persen, sehingga target total penyediaan vaksin mencapai 426 juta dosis.

Aziz R - 168

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro