Tanaman hias
Fashion

Tips Simple Menata Tanaman Hias di Rumah

Dewi Andriani
Senin, 8 Februari 2021 - 21:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Menggunakan tanaman sebagai instrumen dekorasi rumah memang bukan hal baru. Namun, semenjak pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tinggal di rumah saja, tren menghias rumah dengan tanaman mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Saat mendekorasi rumah, tidak ada yang namanya terlalu banyak tanaman hijau di satu ruangan, asal kamu bisa menatanya dengan baik. Ternyata, memperhatikan jenis dekorasi tanaman hias yang tepat dan sesuai dengan jenis ruangan di rumah merupakan salah satu aspek terpentingnya.

Bagi yang masih bingung, berikut lima cara mudah dan seru menata tanaman hias di rumah ala Ikea.

1. Dekorasi meja belajar dengan tanaman hias mini

Berada seharian di meja kerja atau meja belajar di rumah tanpa dekorasi menarik tentu akan menjenuhkan. Tanaman hias dapat menjadi solusi yang tepat untuk memberikan nuansa yang lebih menyegarkan. Menurut riset yang dilakukan oleh Dr Chris Knight bersama rekan-rekannya dari Exeter University, produktivitas seseorang meningkat 15 persen setelah meja kerjanya dihiasi dengan tanaman.

Jika space meja belajar atau kerjamu tidak terlalu besar, kamu dapat meletakkan beberapa tanaman hias mini untuk mempercantik mejamu. Salah satu tanaman yang mudah untuk dirawat adalah jenis tanaman sukulen. Kamu hanya perlu menyemprotkan air seminggu sekali dan meletakkannya di dekat cahaya matahari.

2. Letakkan jenis tanaman tinggi di ruang tamu mini

Di ruang tamu minimalis, terutama yang berukuran terbatas, tanaman hias adalah pilihan terbaik untuk memberi nuansa sejuk dan asri. Tanaman yang tinggi dapat mendominasi suatu ruangan dengan mudah, apalagi jika ditambah pot tanaman berukuran sedang dengan desain yang stylish.

Jika tidak menginginkan tanaman tinggi, kamu dapat meletakan tanaman berukuran kecil di stand tanaman atau end table agar terlihat menonjol.

3. Gunakan tanaman hias untuk ciptakan atmosfer kamar mandi yang segar

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan di rumah yang tepat untuk meletakkan beberapa tanaman hias. Kondisi kamar mandi yang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi justru membuat beberapa tanaman hias dapat hidup dan bertumbuh dengan baik di ruangan ini.

Salah satunya adalah jenis tanaman Sanderiana Curly yang cocok diletakkan di ruangan yang lembab. Kamu bisa memasangkan dengan vas bunga kesukaanmu. Jika kamu lebih memilih tanaman berukuran besar, kamu dapat menggunakan pot gerabah berukuran sedang atau besar untuk meletakkan tanamanmu di lantai.

Selain tanaman hidup, tanaman hias tiruan juga dapat menjadi pilihan lain untuk membuat atmosfer kamar mandi lebih segar. Tidak perlu ragu lagi, penempatan tanaman hias di kamar mandi dapat membuat penghuni rumah lebih rileks saat menggunakan kamar mandi.

4. Hias teras rumah dengan berbagai jenis tanaman yang membutuhkan cahaya matahari

Teras rumah merupakan tempat yang sempurna untuk meletakkan berbagai jenis tanaman hias, khususnya yang membutuhkan sinar matahari langsung. Teras yang dipenuhi dengan tanaman akan memberikan nuansa alam yang segar di rumahmu. Agar tetap rapi dan terorganisir, kamu dapat memanfaatkan stand tanaman berwarna netral atau pot tanaman dengan material rotan untuk memajang tanaman favoritmu.

5. Warnai sudut ruang hobi favoritmu dengan tanaman hias gantung

Agar suasana sudut ruang hobi lebih cozy, kamu bisa menambah dekorasi tanaman gantung. Tempatkan tanaman hias gantung di dekat jendela di mana terdapat tembusan sinar matahari. Selain itu, pilih tirai dan pot gantung berwarna natural yang dapat melengkapi tanaman hias gantung kesukaanmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro