Temulawak/Saransehat.com
Health

Ramuan Herbal Ala Siti Fadilah Supari untuk Meningkatkan Antibodi di Masa Pandemi

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 16 Februari 2021 - 17:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika vaksinasi masih terus dilakukan dan tahapannya juga akan cukup panjang sebelum semua orang mendapatkannya, maka menjaga tubuh tetap sehat adalah kunci dari mencegah penularan virus corona di tengah pandemi saat ini.

Apalagi, saat ini virus juga sudah mulai bermutasi, yang disebutkan penularannya bisa lebih cepat dibandingkan virus aslinya.

Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengatakan perlu ada alternatif untuk meningkatkan ketahanan tubuh di tengah pandemi.

Yang pertama, katanya, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, tidur cukup, makan makanan bergizi dan seimbang, termasuk konsumsi vitamin yang bisa diambil dari sayuran dan buah atau suplemen

Yang kedua, yakni memanfaatkan tanaman herbal yang sudah sejak dulu kala dikenal sebagai resep nenek moyang kita.

"Back to nature. Banyak tanaman di sekitar kita yang berkhasiat yang kira-kira bisa meningkatkan daya tahan tubuh, apalagi yang asli dari Indonesai. Bahkan tanaman herbal ini dikenal di luar negeri," ujarnya.

Tanaman herbal ini sejak dulu dikenal sebagai penguat imun alami. Misalnya saja bahan untuk  tamiflu obat flu burung juga diambil dari Indonesia yakni temulawak.

Karena itu, perlu juga ada penelitian khusus dengan tim ahli dan perguruan tinggi terpercaya untuk meneliti khasiat dari tanaman herbal ini untuk pengobatan dan juga stamina tubuh.

"Ada juga tanaman di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan formulanya dari daun-daun yang sehari-hari kita temukan. Suatu formula yang sudah diteliti anak-anak," ujarnya.

Dia pun membagikan formula peningkat antibodi dari tanaman herbal itu yakni sebagai berikut

1. Daun pandan 3 lembar

2. Daun meniran

3. Daun pegagan

4. Daun secang

5. Daun sambiloto

6. Temulawak.

Semua bahan itu, lanjutnya, digodok dengan 3 gelas air hingga menyusut menjadi 1 gelas air saja. Minum ramuan itu pagi dan sore untuk imunitas tubuh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro