Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Enam Fakta Penting Mengenai Vaksin Covid-19 Menurut CDC

Vaksin Covid-19 membuat sistem kekebalan kita mampu mengenali dan melawan virus yang disebabkan Corona. Biasanya dibutuhkan waktu beberapa minggu setelah vaksinasi bagi tubuh untuk membangun perlindungan (kekebalan) terhadap virus penyebab Covid-19.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 19 Februari 2021  |  09:21 WIB
Petugas menyuntikan vaksin Covid-19 kepada pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang diberikan untuk pekerja publik dan lansia itu dimulai dari pedagang Pasar Tanah Abang. ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak A
Petugas menyuntikan vaksin Covid-19 kepada pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang diberikan untuk pekerja publik dan lansia itu dimulai dari pedagang Pasar Tanah Abang. ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Pemberian vaksin Covid-19 mulai dilakukan di Indonesia, mulai dari tenaga kesehatan hingga para pedagang di Pasar Tanah Abang. Pemerintah menargetkan proses vaksin menjangkau sekitar 181,5 juta orang dan selesai tahun ini untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Berikut sejumlah fakta penting mengenai vaksin Covid-19 yang dikutip dari laman CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit).

- Vaksin efektif mencegah penularan Covid-19

- Setelah divaksin Covid-19, Anda mungkin mengalami beberapa efek samping. Ini adalah tanda normal bahwa tubuh Anda sedang membangun perlindungan. Efek samping dari vaksinasi COVID-19, seperti kedinginan atau kelelahan, dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari, dan akan hilang dalam beberapa hari. 

- Studi menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 efektif mencegah Anda tertular dari virus Corona. Para ahli juga berpikir bahwa mendapatkan vaksin Covid-19 dapat membantu mencegah Anda dari sakit parah bahkan jika Anda tertular Covid-19.

- Vaksin Covid-19 menjadi senjata penting untuk membantu kembali mencapai kondisi normal.

- Vaksin Covid-19 membuat sistem kekebalan kita mampu mengenali dan melawan virus yang disebabkan Corona. Biasanya dibutuhkan waktu beberapa minggu setelah vaksinasi bagi tubuh untuk membangun perlindungan (kekebalan) terhadap virus penyebab Covid-19. Artinya, ada kemungkinan seseorang masih bisa tertular Covid-19 setelah proses vaksin. Ini karena vaksin belum punya cukup waktu untuk memberikan perlindungan.

- Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk melindungi diri Anda sendiri sampai Anda dapat divaksin. Setiap orang yang sudah atau pun yang belum divaksin harus terus menggunakan semua peralatan kesehatan untuk membantu menghentikan pandemi. Pasalnya, para ilmuwan masih mempelajari seberapa baik vaksin mencegah Anda menyebarkan virus penyebab Covid-19 kepada orang lain, bahkan jika Anda tidak sakit.

- Jika Anda sudah divaksin Covid-19, kemungkinan terpapar virus penyebab Covid-19 tetap masih ada. Setelah terpapar, orang tersebut akan menjadi orang tanpa gejala karena tidak merasa sakit atau memiliki gejala apa pun. Untuk alasan ini, bahkan setelah vaksinasi, CDC meminta setiap orang perlu terus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan menjaga jarak.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Adaptasi Kebiasaan Baru

Sumber : CDC

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top