Sejumlah tenaga kesehatan mendapatkan vaksinasi dosis pertama vaksin Covid-19 Sinovac di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (4/2/2021)./Antararn
Health

Sudahkah Anda Mendapat Vaksinasi? Jika Belum Perhatikan Hal Ini

Zufrizal
Minggu, 7 Maret 2021 - 13:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Covid-19 dapat menyebabkan gejala yang beragam dengan tingkat keparahan sampai dengan kematian sehingga tubuh kita membutuhkan vaksin.

Vaksin Covid-19 dibutuhkan terutama untuk menurunkan tingkat penularan dan kematian.

Sejak program vaksinasi dimulai beberapa waktu lalu sampai dengan Jumat (5/2/2021), sudah lebih dari 2 juta orang telah menerima dosis vaksinasi Covid-19 pertama. Hal tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memvaksinasi 181,5 juta penduduk secara bertahap.

Berdasarkan data penelitian yang tersedia, vaksin Covid-19 dapat mencegah penyakit Covid-19 yang bergejala baik ringan/sedang maupun berat. Selain itu semua vaksin Covid-19 yang sudah mengeluarkan hasil sementara uji klinis (interim analysis) dapat mencegah Covid-19 yang berat bahkan kematian dengan sangat baik.

Bagi Anda yang akan memperoleh vaksinasi ada beberapa hal yang pernu diketahui terutama efek yang muncul setelah vaksinasi Covid-19.

Seperti dikutip dari laman kawalcovid19.id, ada sejumlah efek yang yang tidak diinginkan atau kejadian ikutan paskaimunisasi (KIPI) yang ditimbulkan oleh vaksin Covid-19 dan sebagian besar ringan, yaitu:

  • Demam ringan
  • Rasa capek/lelah
  • Rasa sakit dan kemerahan di tempat penyuntikan vaksin yaitu otot lengan
  • Meriang
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Nyeri sendi
  • Reaksi alergi dari ringan (gatal) sampai berat (syok anafilaksis)
  • Dan beberapa efek samping lain yang ringan

Oleh karena itu setelah vaksinasi kita diminta untuk tetap di tempat vaksinasi selama kurang lebih 30 menit untuk mengamati gejala terkait KIPI.

Selanjutnya, hal yang harus Anda ingat adalah vaksin tidak melindungi 100 persen terhadap penyakit Covid-19 terutama yang tidak bergejala. Sampai saat ini vaksin baru terbukti kuat menurunkan dengan signifikan risiko Covid-19 bergejala ringan/sedang/berat atau meninggal dunia.

Kekebalan yang ditimbulkan oleh vaksin masih dipengaruhi oleh banyak faktor lain salah satunya kondisi tubuh kita.

Oleh karena itu, kita tetap perlu melakukan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun) sebelum dan setelah mendapatkan vaksin sebab pencegahan paling baik adalah mencegah tidak terpapar dengan cara melakukan 3M.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Zufrizal
Editor : Zufrizal
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro