Wisuda. JobStreet mengadakan Virtual Career Fair untuk membantu para pencari kerja. /AntaraNews.com
Fashion

Fresh Grad, Simak Tips Cari Pekerjaan Berikut Ini

Nirmala Aninda
Senin, 15 Maret 2021 - 17:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Tahun ini kemungkinan besar akan menjadi tahun kedua di mana wisuda diadakan secara virtual. Walaupun upacara wisuda diadakan secara virtual, para mahasiswa tentunya tetap semangat untuk mencari kerja.

Di masa pandemi ini, terkadang mendapatkan pekerjaan yang tepat mungkin tidak mudah.

Ada saat-saat di mana email yang dikirim tidak mendapatkan respon, atau perusahaan yang diminati masih belum membuka lowongan.

Mungkin juga, para fresh grad belum terbayang seperti apa pekerjaan yang sedang dilamar karena ini pengalaman pertama kali mencari bekerja.

Berikut ini adalah tips untuk mencari pekerjaan yang tepat seperti dilansir melalui JobStreet.

1. Belajar membuat CV yang baik.

Saat melamar kerja, salah satu dokumen penting yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah curriculum vitae (CV). CV adalah dokumen pertama yang akan diterima oleh perusahaan dan berisi semua prestasi yang sudah dicapai dan juga pengalaman yang sudah Anda jalani seperti organisasi di kampus atau kerja magang.

Untuk memberikan kesan pertama yang baik, Anda harus bisa membuat CV yang menarik dan sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. Anda bisa belajar membuat CV bersama orang tua atau mencari tips-tips membuat CV yang tersedia di berbagai blog dan website.

2. Lakukan riset tentang pekerjaan yang diminati.

Setelah mengumpulkan skripsi dan dinyatakan lulus, biasanya ada beberapa bulan atau minggu sebelum upacara wisuda. Di waktu senggang ini, Anda sebaiknya sudah mulai mencari kerja agar tidak membuang banyak waktu setelah wisuda.

Luangkan waktu untuk mencari tahu tentang perusahaan yang menarik untukmu dan apakah ada lowongan yang tepat untuk Anda Selain itu, Anda juga dapat mencari tahu lebih banyak tentang bidang kerja yang diminati dan seperti apa pekerjaan yang nantinya Anda lakukan saat diterima.

3. Datang ke job fair.

Kalau belum yakin ingin kerja di perusahaan atau bidang apa, Anda dapat mengunjungi job fair. Namun karena pembatasan jarak sosial yang berlaku saat ini, hampir semua kegiatan job fair bergeser ke ranah online.

JobStreet, salah satu di antaranya, akan mengadakan Virtual Career Fair (VCF) pada 16-18 Maret 2021.

"Sebagai talent partner, JobStreet mengadakan Virtual Career Fair untuk membantu para pencari kerja, yang baru lulus mau pun yang sudah berpengalaman, dalam menemukan pekerjaan yang tepat," ujar Faridah Lim, Country Manager JobStreet Indonesia, seperti dikutip Senin (15/3/2021).

Di VCF ini, pencari kerja dapat mengikuti berbagai sesi livesteam yang akan dibawakan oleh perwakilan dari perusahaan-perusahaan terkemuka.

Anda juga bisa menyampaikan pertanyaan atau ngobrol langsung dengan perwakilan perusahaan melalui online interview.

Acara ini tidak dikenakan biaya dan Anda dapat melakukan pendaftaran melalui website JobStreet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro