Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perempuan Non-Golongan Darah O Berisiko Paling Tinggi Terkena Diabetes

Sebuah studi dari jurnal Diabetologia milik Asosiasi Eropa menunjukkan bahwa perempuan yang bukan bergolongan darah O memiliki risiko tertinggi untuk terkena diabetes tipe 2 setidaknya 10 persen.
Laurensia Felise
Laurensia Felise - Bisnis.com 19 Maret 2021  |  21:50 WIB
Perempuan Non-Golongan Darah O Berisiko Paling Tinggi Terkena Diabetes
Ilustrasi Diabetes Melitus. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sebuah studi dari jurnal Diabetologia milik Asosiasi Eropa menunjukkan bahwa perempuan yang bukan bergolongan darah O memiliki risiko tertinggi untuk terkena diabetes tipe 2 setidaknya 10 persen.

Dikutip dari Times of India, Jumat (18/3/2021), studi ini dilakukan terhadap 80.000 perempuan untuk melihat adanya korelasi antara golongan darah dengan risiko diabetes tipe 2. Hasilnya, setidaknya 3.553 orang didiagnosa dengan diabetes tipe 2 dan mereka yang bukan bergolongan darah O memiliki risiko lebih tinggi.

Penyebabnya sendiri belum diketahui secara pasti oleh para peneliti tetapi studi ini mengungkapkan bahwa kandungan protein dalam darah bernama faktor non-Willebrand di dalam perempuan yang bukan bergolongan darah O lebih tinggi yang terkait dengan tingginya kadar gula darah penyebab diabetes tipe 2.

Secara spesifik, studi ini merincikan risiko diabetes tipe 2 pada masing-masing golongan darah. Golongan darah A memiliki 10 persen lebih tinggi risiko diabetes tipe 2 dibanding golongan darah O, sedangkan golongan darah B memiliki risiko lebih tinggi 21 persen.

Jika membandingkan semua golongan darah termasuk golongan darah O negatif maka didapat adalah golongan darah B memiliki risiko tertinggi untuk mengalami diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 dapat menyebabkan cara kerja tubuh dalam meregulasi gula dan menggunakan gula serta dapat memberikan bahaya jika tidak mendapatkan tindakan medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Penyakit Diabetes golongan darah
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top