Kolase tangkapan layar inspirasi konten visual storytelling di TikTok. /ANTARA-TikTok Indonesia.
Entertainment

3 Inspirasi Konten Storytelling di TikTok

Fatkhul Maskur
Jumat, 19 Maret 2021 - 14:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Platform penyedia layanan berbagi video singkat TikTok memberikan tiga inspirasi bagi Anda yang ingin membuat konten yang berisikan cerita atau storytelling.

Konten storytelling yang tengah naik daun di TikTok menciptakan cerita pendek lewat video setidaknya berisikan pandangan dari karakter utama, memiliki pengambilan gambar beragam, narasi cerita yang runut, hingga disertai musik untuk membangun emosi penonton.

"Sebagai rumah dari kreativitas, TikTok senang sekali melihat bagaimana platform ini dimanfaatkan kreator untuk mengembangkan bakat dan aspirasinya, termasuk untuk mengeksplor visual storytelling," kata Head of User and Content Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra, seperti dikutip Antara, Jumat (19/3/2021).

Pengembangan teknologi menjadi hal yang ingin terus dikembangkan oleh TikTok sehingga tetap menjadi sarana pengembangan kreativitas. "Kami pun akan terus mengembangkan teknologi dan merilis proyek yang dapat mendorong kreativitas pengguna dalam cerita pendek format vertikal," kata Angga.

Berikut tiga inspirasi untuk membuat konten visual storytelling di TikTok:

Pertama, memanfaatkan efek di TikTok untuk membangun cerita.

Kreator konten kecantikan @janineintasari menggunakan kemampuan berdandannya untuk membuat cerita tentang seorang gadis periang yang lugu diculik, dan dijadikan boneka hidup.

Meskipun tanpa dialog, efek makeup yang dihasilkan Janine, serta musik latar yang mencekam, berhasil membuat penonton merinding melihat video ini.

Kedua, mengangkat cerita relatable yang dibalut dengan kreativitas

Selama pandemi, ujian di sekolah pun dilakukan secara online. Video karya @aldogiustano mengambil adegan ujian online ini, dan bagaimana usaha contek-mencontek tetap dilakukan secara manual, tentunya dengan kreativitas editing Aldo.

Penonton pun ikut terbawa deg-degan saat kertas contekan itu sampai ke layar Pak Guru pengawas ujian. Video seru ini menuai pujian dari kreator ternama Zach King yang merupakan idola Aldo.

Ketiga, menggunakan fitur Duet untuk mengasah kemampuan akting

Bagi kamu yang ingin jadi aktor film, kamu bisa merespon ajakan challenge Duet dari kreator lainnya yang menantang pengguna untuk beradu akting.

Seperti yang dilakukan oleh kreator @yasminjml yang gemar menjawab Duet acting challenge dari Chris Barnett, aktor luar negeri yang aktif membuat konten akting di TikTok.

Melalui akunnya, Yasmin menunjukkan bakat aktingnya dengan memainkan berbagai peran, seperti kembang desa asal Amerika, hingga penyihir di dunia dongeng. Coba yuk! Siapa tahu bakat akting kamu bisa dilirik oleh sutradara film terkenal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro