Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Registrasi Vaksinasi Covid-19 Bisa Lewat Platform Loket, Begini Caranya

Platform pembelian tiket acara daring Loket menjadi mitra resmi pertama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menyediakan layanan registrasi dan penjadwalan daring vaksinasi Covid-19.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 22 Maret 2021  |  15:58 WIB
Tak hanya memastikan proses registrasi penjadwalan daring yang efektif, dalam kerja sama ini Loket mendukung upaya mengedukasi masyarakat luas dengan menyampaikan informasi-informasi penting terkait vaksinasi Covid-19 yang mengacu kepada informasi Kemenkes RI.  - Loket
Tak hanya memastikan proses registrasi penjadwalan daring yang efektif, dalam kerja sama ini Loket mendukung upaya mengedukasi masyarakat luas dengan menyampaikan informasi-informasi penting terkait vaksinasi Covid-19 yang mengacu kepada informasi Kemenkes RI. - Loket

Bisnis.com, JAKARTA - Platform pembelian tiket acara daring Loket menjadi mitra resmi pertama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menyediakan layanan registrasi dan penjadwalan daring vaksinasi Covid-19.

Melalui kerja sama ini, Loket telah memberikan dukungan proses registrasi dan penjadwalan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) berdomisili Jakarta Selatan.

Lewat teknologi ticketing management service (TMS), Loket membantu mempermudah peserta vaksinasi dalam registrasi penjadwalan secara daring di lokasi vaksinasi Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Kemenkes RI.

Dengan pendaftaran secara daring, masyarakat dapat melakukan vaksinasi sesuai dengan pilihan waktu (hari dan jam) untuk menghindari penumpukan dalam pelaksanaan vaksinasi.

Sementara itu, di setiap lokasi pelaksanaan vaksinasi, para petugas yang sudah memperoleh pelatihan dari pihak Loket akan memastikan bahwa proses registrasi bagi masyarakat yang telah terdaftar dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Head of Loket Tubagus Utama berharap kerja sama ini dapat membantu upaya pemerintah dalam memperlancar proses antrean para peserta vaksinasi.

“Bersamaan dengan program vaksinasi nasional Covid-19 tahap kedua yang antara lain memprioritaskan kelompok masyarakat lansia sebagai penerima vaksin, Loket berkomitmen untuk membantu agar proses pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dapat lebih efisien, aman, dan nyaman bagi penerima vaksin, dimulai dari sosialisasi, registrasi, hingga pendaftaran di setiap lokasi pelaksanaan vaksinasi,” katanya melalui keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis pada Senin (22/3/2021).

Tak hanya memastikan proses registrasi penjadwalan daring yang efektif, dalam kerja sama ini Loket mendukung upaya mengedukasi masyarakat luas dengan menyampaikan informasi-informasi penting terkait vaksinasi Covid-19 yang mengacu kepada informasi Kemenkes RI.

Bagus menambahkan bahwa para penyelenggara Vaksinasi Program maupun Vaksinasi Gotong Royong juga dapat memanfaatkan layanan Loket. Sistem TMS telah dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan para penyelenggara dalam mengelola program vaksinasi.

“Kami mendorong penyelenggara Vaksinasi Program maupun Vaksinasi Gotong Royong untuk bekerja sama dengan Loket agar vaksinasi Covid-19 di Indonesia dapat cepat terdistribusi dengan baik,” ujar Bagus.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Oscar Primadi menyebut pelaksanaan vaksinasi program Covid-19 memerlukan adanya gerakan bersama yang melibatkan seluruh komponen bangsa.

"Kami berharap solusi teknologi yang ditawarkan Loket akan mempermudah proses registrasi penjadwalan vaksin dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program vaksinasi,” ujarnya.

Masyarakat dapat melakukan registrasi dan penjadwalan vaksinasi Covid-19 secara daring melalui Loket, dengan mengunjungi https://vaksin.loket.com, dan memiilih lokasi vaksinasi.

Setelah memilih lokasi, masyarakat dapat menentukan tanggal serta jam kedatangan, dan mengisi data diri sesuai dengan ketentuan. Loket akan mengirimkan e-Voucher vaksinasi melalui email. Ketika mendaftar, masyarakat perlu memastikan nama mereka sudah terdaftar sebagai penerima vaksinasi di https://pedulilindungi.id/ dan membawa KTP ketika ke lokasi vaksin.

Masyarakat pun diharapkan datang tepat pada waktu yang telah ditentukan sehingga dapat menghindari penumpukan. Pada hari H vaksinasi, petugas yang telah diberi pelatihan oleh Loket akan membantu verifikasi e-Voucher sebelum peserta mengikuti proses vaksinasi selanjutnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lansia vaksinasi
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top